Jelang Mulainya Tahapan Pemilu, Kapolres Kunjungi Bawaslu

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA-Menjelang dimulainya tahapan Pilkada pada 15 Juni, Kapolres Banggai AKBP Satria mengunjungi Bawaslu sebagai salah satu lembaga penyelenggara pemilu, Kamis (11/6/2020).

Pada kunjungan tersebut, Ketua Bawaslu Bece Junaid menggambarkan soal mekanisme kerja pengawasan. Meski demikian kata dia, karena dajam suasana pandemi Covid-19, sehingga sejumlah kegiatan tidak bisa dilaksanakan secara langsung tapi melalui daring atau online dengan memanfaatjan teknologi informasi..

Kapolres Banggai yang baru bertugas beberapa hari itu, mempertanyakan persiapan tahapan Pilkada yang akan dimulai 15 Juni.

Ketua Bawaslu menyatakan masih menunggu PKPU soal tahapan dan mudah-mudahan berjalan lancar.

Kapolres menyarankan agar ada penyesuaian dalam melaksanakan tahapan Pilkada karena kondisi pandemi Covid-19, seperti menjaga kesehatan, tidak salaman dan siap dengan tatanan baru.

Kapolres berterima kasih bisa diterima dengan baik, karena ini untuk memperkuat kerja sama dan komunikasi menghadapi pilkada serentak.

Pilkada langsung ini bukan barang baru, sehingga tinggal mengevaluasi yang sebelumnya dan tidak mengulangi kesalahan sebelumnya. Semua juga bekerja sesuai konteks dan fungsinya. Salah satu hal penting adalah penyelenggara yang harus profesional. Ini kegiatan politik tapi penyelenggara tidak boleh berpolitik.

Peserta silahkan bersaing tapi yang lain tidak ikut berpolitik.

Tantangan lain kata Kapolres adalah situasi pandemi, namun produktivitas tetap jalan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Koordinasi, komunikasi dan kolaborasi penyelenggara dan kita semua harus jalan baik. Sementara bagi penyelenggara, hal teknis agar dipahami dengan baik,” ujarnya.DAR

Pos terkait