Januari, Portal Elektronik Pelra Mulai Berfungsi

  • Whatsapp
PORTAL elekatronik di pintu masuk Pelabuhan Rakyat Luwuk. FOTO: RUM LENGKAS

BANGGAI RAYA- Akhir Desember 2021 ini, pembangunan portal elektronik di Pelabuhan Rakyat (Pelra) Luwuk segera diselesaikaan. Rencananya, awal Januari 2022, portal elektronik itu mulai berfungsi.

Bagi warga Kabupaten Banggai yang berkeinginan masuk ke area Pelabuhan Rakyat Luwuk akan dikenakan biaya masuk.

Bacaan Lainnya

“Rencananya, awal Januari 2022 mendatang, portal elektronik di Pelabuhan Rakyat Luwuk segera difungsikan,” kata Tasrik Djibran.

Sebelumnya, kurang lebih dua bulan Dishub Banggai melakukan pembangunan portal elektronik.

Pembangunan tersebut masuk dalam program pengelolaan untuk kegiatan pembangunan penertiban izin pembangunan dan pengoperasian pelabuhan penumpang lokal, yaitu kegiatan pembangunan pelabuhan penumpang lokal.

“Pekerjaan pembangunaan portal pintu masuk dan keluar di Pelabuhan Rakyat Luwuk tahun anggaran 2021, dengan nilai anggaran sebesar Rp198.788.000,” jelasnya.  

Pelra Luwuk kata dia, adalah pintu masuk dan keluar bagi warga Kota Luwuk dan kabupaten tetangga, seperti Kabupaten Banggai Kepulauan, Banggai Laut serta warga dari Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara.

Sehingga, perputaran roda ekonomi di Kota Luwuk melalui Pelra sangat lancar. Ini akan sangat menguntungkan Kabupaten Banggai dalam peningkatan PAD di pelabuhan.

“Pastinya PAD-nya sangat lumayan. Itu semua untuk menghindari kecurangan dalam penarikan PAD di pelabuhan. Dengan portal elektronik, orang masuk tanpa bayar, tidak akan terbuka portalnya. Secara otomatis pendapatan akan lebih meningkat dan terkontrol,” tandasnya. (*)

Penulis: Muh Rum Lengkas
Editor: Sutopo Enteding

Pos terkait