Jangan Merasa Kuat Sebelum Nyobain Kopi Stamina di Gallery Senoro Friend’s Luwuk

BANGGAI RAYA-Pernah dengar kopi stamina? Nah kalau belum, siapapun yang ada di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai khususnya, bisa datang ke Gallery Senoro Friend’s di Kota Luwuk, tepatnya di kawasan Kilo Lima, Kelurahan Maahas, Kecamatan Luwuk Selatan.

Kopi stamina ini, menurut ibu Indry, pengelola Gallery Senoro, adalah racikan kopi bubuk produksi lokal diseduh bersama dengan telur ayam. Sementara untuk pemanisnya menggunakan gula aren.

Kepada wartawan yang mengunjungi Gallery Senoro tersebut, Senin petang (22/5/2023), ibu Indry mengatakan bahwa
tumbuh suburnya usaha kafe dan warung kopi di Kota Luwuk, juga menjadi perhatian mereka, saat membuka galeri yang menyediakan oleh-oleh khas Banggai, sejak pertengahan Mei lalu.

Oleh-oleh khas Banggai itu, adalah produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) mitra binaan Joint Operating Body Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori), seperti sari jahe, sari kunyit, sari mengkudu, aneka keripik, virgin coconut oil dan sebagainya. Meski demikian, galeri itu juga menampung sejumlah produk dari UMKM lain. Dari usaha penyediaan oleh-oleh khas Banggai yang bisa dipesan dan langsung dipacking itulah, pengelola galeri kemudian berinisiatif membuka warung kopi di bagian depan galeri.

BACA JUGA:  Meneropong Keadilan Islam dalam Kasus Vina, Sebelum 7 Hari: Sebuah Refleksi Hukum dan Moral

Selain minuman di kafe pada umumnya seperti kopi susu, teh dan aneka juice, lengkap dengan ragam gorengan, galeri itu juga menyediakan kopi stamina, dengan racikan kopi+telur+gula aren.

Kopi stamina ini kata ibu Indry, ternyata menjadi daya tarik bagi pengunjung, sejak galeri itu dibuka sepekan lalu. “Yah untuk mereka yang ingin mengembalikan staminanya, setelah capek bekerja atau beraktivitas, bisa mengonsumsi kopi racikan khas Gallery Senoro Friend’s. Tapi ada juga kopi stamina lainnya, seperti racikan kopi+jahe+susu dan sebagainya. Pokoknya ini minuman kesehatan,” tutur ibu Indry.

Ke depan, ibu Indri berharap UMKM mitra binaan perusahaan lain seperti PT DSLNG, Pertamina EP dan PT PAU, juga bisa menitipkan produknya di Gallery Senoro Friend’s tersebut.

BACA JUGA:  Wisatawan Asal Jakarta Tujuan Danau Ubur-Ubur Bokan Kepulauan Karam di Perairan Matanga

Untuk pemasaran, selain sebagai oleh-oleh warga atau siapapun yang hendak meninggalkan kota Luwuk menuju kota lain, menurut ibu Indry, sudah ada toko di Salakan, Kabupaten Bangkep, yang juga menjadi pemesan barang produksi yang tersedia di Gallery Senoro itu. “Jadi sudah beberapa kali kami kirim produk yang tersedia ke Salakan,” ujarnya.

Sementara itu Comdev Section Head JOB Tomori, Yudianto, mengatakan, JOB Tomori memberikan support atas pengembangan usaha UMKM mitra binaan perusahaan, dari mulai usaha produksi hingga penyediaan galeri oleh-oleh khas Banggai ini. “Seluruh peluang usaha memang harus dimanfaatkan, sehingga UMKM berkembang dan nantinya akan terwujud kemandirian usaha mitra binaan tersebut. Kami juga mendorong agar mereka yang butuh oleh-oleh khas Banggai, baik itu tamu yang berkaitan dengan JOB Tomori maupun pihak lainnya, bisa datang dan melihat produk yang tersedia di Gallery Senoro ini, kemudian membawanya sebagai cinderamata atau oleh-oleh mereka,” tuturnya.

BACA JUGA:  Rayakan Iduladha 1445 Hijriah, DSLNG Berbagi Kurban 17 Ekor Sapi

Khusus untuk media di Luwuk, Relation Security Comdev Manager JOB Tomori, Visnu C Bhawono, sangat berharap dukungannya, dalam bentuk penyebarluasan informasi kepada publik. “Semoga teman-teman wartawan dan media bisa membantu publikasi Gallery Senoro ini, agar makin ramai dikunjungi semua lapisan masyarakat dan mereka yang membutuhkan oleh-oleh khas Banggai untuk dibawa keluar daerah,” tuturnya.

Nah, untuk siapapun yang butuh oleh-oleh khas Banggai, sekalian menikmati kopi stamina dan menu lainnya, silakan berkunjung ke Gallery Senoro Friend’s di Kilo Lima Luwuk. Lokasinya mudah dijangkau, sebab berada di jalan poros, tepat di area pertama saat memasuki Kilo Lima dari arah Kota Luwuk. “Dan jangan merasa kuat, sebelum nyobain kopi stamina,” begitu kata ibu Indry. DAR

Pos terkait