Jangan Ada Tugas ke Anak PAUD Selama Pandemi!

BANGGAI RAYA- Plt. Direktur Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kemendikbud Abdoellah mengatakan, masa belajar di rumah bagi siswa PAUD adalah saat mereka bermain dan menghabiskan waktu dengan orang tuanya. Guru PAUD harus meningkatkan komunikasi dengan orang tua siswa selama masa belajar di rumah. 

BACA JUGA:  Meneropong Keadilan Islam dalam Kasus Vina, Sebelum 7 Hari: Sebuah Refleksi Hukum dan Moral

Ia menegaskan, untuk PAUD, tidak ada yang namanya penugasan dari guru kepada anak-anak. “Yang saya minta kepada guru PAUD, biarlah anak-anak supaya bermain sepuas-puasnya di rumahnya. Anak diberikan kebebasan,” kata Abdoellah, dalam konferensi pers daring, Selasa (31/3). 

Agar anak bisa bermain dengan baik, komunikasi antara orang tua dan guru harus berjalan. Ia pun mendorong agar guru PAUD tidak lupa untuk melakukan komunikasi tersebut agar kegiatan anak terpantau. 

BACA JUGA:  Idul Adha 1445 H, Masjid An Nuur Luwuk Sembelih 11 Ekor Sapi Kurban

Guru PAUD bisa memberi arahan bagaimana harus menangani anak saat bermain. “Bagaimana cara orang tua menangani anak, ya kasih tahu bagaimana bermain dengan benar,” kata dia lagi. 

BACA JUGA:  Rayakan IdulAdha, Pekerja JOB Tomori dan Mitra Kerja Salurkan 29 Ekor Hewan Qurban

Salah satu arahannya adalah agar anak mengerti dengan situasi Covid-19 yang terjadi. Orang tua bisa memberi pengetahuan-pengetahuan bagaimana cuci tangan dan hidup bersih sesuai anjuran pemerintah. 

Selain itu, ia juga berpesan agar para guru sering membuka laman belajar daring milik Kemendikbud, Rumah Belajar. Sebab, di dalam laman tersebut tersedia berbagai materi yang berkenaan dengan PAUD. RUM