Jalan Sugiono Jadi Tempat Pembuangan Sampah

  • Whatsapp
TUMPUKAN sampah di Jalan Sugiono, Kelurahan Luwuk. FOTO: RUM LENGKAS

BANGGAI RAYA- Kesadaran warga dalam hal menjaga kebersihan lingkungan bisa dibilang masih kurang. Terlihat di jalan-jalan dalam kota dijadikan tempat pembuangan sampah. Hal itu tentu saja akan menimbulkan bau tak sedap sekaligus mengganggu pandangan mata.

Selasa (4/1/2022) kemarin, di jalan Kolonel Sugiono atau samping Shopping Mall Luwuk sudah menjadi tempat pembuangan sampah rumahan milik warga sekitarnya.

Bacaan Lainnya

Setiap pagi, sampah terlihat menumpuk di jalan tersebut. Walaupun setiap pagi petugas kebersihan bersama kendaraan sampah milik pemerintah daerah selalu mengangkut sampah tersebut.

Sejumlah warga berharap kepada instansi terkait untuk bisa menyediakan kontainer sampah di jalan Kolonel Sugiono Luwuk, agar sampah tidak berserakan di jalan raya. Persoalannya jalan tersebut berada di jantung Kota Luwuk, mengganggu keindahan kota.

“Pemda Banggai membuatkan tanda larangan untuk tidak membuang sampah di jalan tersebut, selanjutnya Pemda harus menyediakan tempat penampungan sampah milik warga di sekitarnya,” kata salah seorang warga Luwuk, Iman kepada Banggai Raya.

Selain di Jalan Kolonel Sugiono, juga tumpukan sampah berada di simpang tiga arah menuju RTH Teluk Lalong.

Tumpukan sampah itu, sangat tidak enak di pandang, sangat mengganggu pejalan kaki dan pengendara yang melintasi jalur tersebut.

Sehingga diharapkan kepada instansi terkait untuk segera turun tangan mengatasi tumpukkan sampah di kawasan yang menjadi ikon Kota Luwuk.

“Semua itu perlu ketegasan dari Pemda Banggai, supaya Kota Luwuk terlihat indah, tidak dipenuhi tumpukan sampah di mana-mana. Tinggal pengawasan, sehingga minset berpikir kita harus dirubah, seperti masalah jalan dan sampah dalam Kota Luwuk,” tambahnya. (*)

Penulis: Muh Rum Lengkas
Editor: Sutopo Enteding

Pos terkait