Ini Peringkat Tiga Perguruan Tinggi Ternama di Banggai Versi Webometrics

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Webometrics kembali merilis daftar perguruan tinggi terbaik di seluruh dunia, termasuk Indonesia edisi Juli 2021.

Dalam pemeringkatan ini, Universitas Indonesia berhasil menempati urutan pertama sebagai perguruan tinggi terbaik se Indonesia. Urutan kedua ditempati Universitas Gadjah Mada, peringkat tiga diraih IPB University/Bogor Agricultural University, peringkat empat diraih Institut Teknologi Sepuluh Nopember,  dan peringkat lima Universitas Brawijaya.

Bacaan Lainnya

Kemudian, peringkat enam berhasil diraih Universitas Airlangga, peringkat tujuh diraih Telkom University, peringkat delapan diraih Universitas Andalas, peringkat sembilan diraih Universitas Bina Nusantara, dan peringkat sepuluh ditempati Institut Teknologi Bandung.

Untuk di Kabupaten Banggai sendiri, tentunya juga masuk dalam pemeringkatan Webometrics. Dan untuk Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) berhasil berada di peringkat 113 sebagai perguruan tinggi terbaik se Indonesia.

Peringkat yang diraih kampus hijau, terbilang cukup luar biasa. Pasalnya, kampus hijau di bawah pimpinan Rektor Sutrisno K Djawa itu mampu bersaing dengan kampus-kampus ternama di Sulteng bahkan Indonesia.

Selain peringkat 113, UMLB juga masuk dalam peringkat 10 besar sebagai Universitas Muhammadiyah terbaik se Indonesia. Di mana kampus hijau menempati rangking delapan.

Dikonfirmasi Banggai Raya, Rektor Sutrisno Sutrisno K Djawa menyampaikan rasa syukur atas capaian dan prestasi yang diraih. Ini semua kata mantan Wakil Rektor II itu, sebagai motivasi untuk membawa kampus hijau lebih baik dan maju.

Berdasarkan penelusuran Banggai Raya melalui website Webometrics, dua kampus ternama lainnya yang ada di Kabupaten Banggai seperti Universitas Tompotika Luwuk dan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Luwuk berada di peringkat seribuan.

Ya, untuk Untika Luwuk atau biasa disebut kampus biru bertengger di posisi 1.944. Dan kampus AMIK Nurmal Luwuk berada di peringkat 1.458.

Menempati peringkat 1.458, Direktur AMIK Nurmal Luwuk, Heriyanto Sahidu yang dihubungi Banggai Raya, mengatakan, banyak hal-hal yang harus dilakukan untuk mendongkrak peringkat kampus berbasis IT ini. “Mudah-mudahan (AMIK) tahun depan bisa naik versi vokasi,” ujarnya.

Adapun yang perlu digenjot kata Heri sapaan akrabnya, pertama tentunya soal Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kemudian, kepercayaan masyarakat terhadap kampus berbasis IT itu.

Secara terpisah, Plt. Rektor Universitas Tompotika Luwuk, Taufik Bidullah yang dikonfirmasi Banggai Raya, Selasa (31/8/2021) menjelaskan, pemeringkatan yang dilakukan Webometrics berdasarkan beberapa indikator yang berbasis website.

Hasil itulah sambung Taufik, yang dijadikan sebagai tolak ukur penggunaan website civitas akademika dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Sehingga kedepannya, diharapkan civitas akademika Untika Luwuk untuk bisa menggunakan website. Terutama untuk pelaporan dan publikasi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan memaksimalkan e-champuz dalam pengelolaan administarsi baik keuangan, akademik, kemahasiswaan maupun administrasi umum yang sedang kita laksanakan,” tandasnya.

Untuk diketahui, dikutip dari situsnya, Webometrics Ranking of World Universities adalah grup riset milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC). Organisasi ini adalah lembaga riset publik terbesar di Spanyol.

CSIC adalah salah satu organisasi riset pertama di Eropa. Lembaga in berdiri pada 2006 dan terdiri atas 126 pusat riset yang tersebar di seluruh Spanyol. Tujuan utama CSIC dan kementerian pendidikan adalah meningkatkan riset untuk kemajuan teknologi dunia.

Saat ini, Webometrics atau Ranking Web adalah pemeringkatan institusi pendidikan tinggi terbesar di dunia. Informasi tentang performa universitas di seluruh dunia ini diperbarui tiap enam bulan.

Webometrics atau Ranking Web bertujuan mempromosikan Open Access pada ilmu pengetahuan yang dilakukan universitas. Strategi terbaik untuk memperbaiki peringkat adalah meningkatkan kuantitas dan kualitas konten web.

Meski menilai konten web, Webometrics atau Ranking Web menilai kinerja universitas. Rangking dan kinerja ditandai keterbukaan akses, jumlah peneliti atau dosen, dan jumlah publikasi yang mengutip informasi dari situs universitas tersebut.

Pos terkait