Ini Ekstrakurikuler yang Ada di Ponpes Daarul Hikmah Luwuk, Calon Santri Baru Wajib Tahu!

KH. Muhammad Muadz Lc

BANGGAI RAYA- Saat ini, Pondok Pesantren (Ponpes) Daarul Hikmah Luwuk tengah membuka penerimaan santri baru tahun pelajaran 2024/2025.

Dalam penerimaan santri baru, Ponpes Daarul Hikmah Luwuk membuka untuk dua tingkatan yakni tingkat MTs dan Madrasah Aliyah.

Bagi orangtua yang ingin memondokkan anaknya, Ponpes Daarul Hikmah Luwuk yang merupakan ponpes favorit di Kota Luwuk ini bisa menjadi pilihan. 

Nah, sebelum masuk dan mendaftar di Ponpes Daarul Hikmah Luwuk, para calon santri baru harus tahu apa-apa saja ekstrakulikuler yang ada di Ponpes Daarul Hikmah Luwuk.

BACA JUGA:  Rayakan Iduladha 1445 Hijriah, DSLNG Berbagi Kurban 17 Ekor Sapi

Ponpes Daarul Hikmah Luwuk menerapkan sejumlah ekstrakulikuler yang terbagi dalam dua kategori yakni wajib dan tidak wajib.

Untuk ekstrakulikuler wajib, ada tapak suci dan taekwondo. 

“Ini wajib, tapi santri bisa memilih di antara dua ini, apakah tapak suci atau taekwondo. Prinsipnya, santri harus bisa olahraga bela diri,” ungkap Ustadz Mu’adz sapaan akrab ustadz kondang di Kabupaten Banggai itu, Jumat 19 Januari 2024.

Berikutnya, ada ekstrakulikuler kursus Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Tahfiz. “Untuk ekstrakulikuler ini, wajib sehingga tidak berbayar,” jelas Ustadz Mu’adz.

BACA JUGA:  Wisatawan Asal Jakarta Tujuan Danau Ubur-Ubur Bokan Kepulauan Karam di Perairan Matanga

Selain ekstrakulikuler wajib, Ponpes Daarul Hikmah Luwuk juga menyediakan ekstrakulikuler tidak wajib dan bisa dipilih oleh santri.

Untuk ekstrakulikuler tidak wajib yang bisa dipilih santri ini, ada olahraga basket, panahan, tilawah, hadroh dan lainnya. 

“Ekstrakulikuler yang tidak wajib ini, berbayar per item itu Rp30 ribu. Tapi ekstrakulikuler ini tidak ikut tidak masalah (tidak wajib),” bebernya.

Dengan banyaknya ekstrakulikuler disiapkan di Ponpes Daarul Hikmah Luwuk kata Ustadz Mu’adz, tak lain untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan santri di bidangnya masing-masing.

BACA JUGA:  Naik Turunnya Keuangan Syariah: Refleksi Ketidaksempurnaan

“Seperti bela diri, bahasa arab, bahas Inggris. Karena memang untuk ekstrakulikuler ini, tidak semua santri suka main basket, suka panahan, suka tilawah. Sehingga tidak diwajibkan,” terangnya.

Karena tidak diwajibkan, santri Ponpes Daarul Hikmah Luwuk yang memilih ekstrakulikuler itu harus membayar. 

“Biayanya Rp30 ribu, ini pun untuk membeli peralatan yang harus diadakan dalam ekstrakulikuler yang diikuti,” katanya.

Ia berharap, melalui ekstrakulikuler yang ada diikuti, santri bisa meraih prestasi di bidang dan kemampuannya masing-masing untuk mengharumkan nama Ponpes Daarul Hikmah Luwuk dan juga daerah tercinta. (*)

Pos terkait