HUT RI, KITA SEMAKIN TANGGUH!

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 Kemerdekaan RI tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 yang melanda bangsa ini membuat upacara detik-detik proklamasi berlangsung dengan sederhana di Halaman Kantor Bupati Banggai, Senin (17/8/2020).

Meski dengan penuh keterbatasan, jalannya upacara berlangsung khidmat, sang saka merah putih tetap dikibarkan, upacara tetap mengikuti protokoler kesehatan. Bupati Banggai H. Herwin Yatim bertindak sebagai inspektur upacara.

Terdapat beberapa fakta menarik dalam upacara HUT Kemerdekaan kali ini. Di antaranya, jumlah peserta upacara yang dibatasi. Seperti pada jajaran pejabat birokrasi, hanya terlihat kepala dinas dan beberapa PNS dari utusan masin-masing OPD.

Sama halnya dengan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang hanya berjumlah 8 (delapan) orang.

Kendati demikian, Pemkab Banggai tetap mengajak masyarakat umum mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan lewat media sosial dan secara virtual di masing-masing instansi, kantor kecamatan, kelurahan dan desa, kantor instansi vertikal dan lainnya.

Bupati Banggai Herwin Yatim kepada Banggai Raya mengatakan, tanggal 17 Agustus merupakan momentum bersejarah yang tak terlupakan bagi bangsa ini untuk mengenang perjuangan kemerdekaan. “Karenanya sudah sepatutnya kita memberikan penghargaan yang tulus pada pahlawan bangsa yang dengan penuh tekad memperjuangkan cinta-cita bangsa ini,” kata Herwin.

Ia menjelaskan bahwa peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena saat ini Indonesia dihadapkan dengan tantangan pandemi Covid-19, sehingga peringatan hari kemerdekaan dilaksanakan secara sederhana.

“Hari Ulang Tahun ke 75 Kemerdekaan RI tahun ini hendaknya menjadikan kita semakin tangguh, semakin kuat dan solid dalam menghadapi berbagai tantangan. Saat ini tantangan nyata adalah pandemi Covid-19 yang kita tahu telah merontokkan perekonomian dunia. Lewat momentum HUT ke 75 Kemerdekaan kita berdoa semoga bencana non alam ini segera berakhir sehingga kita bisa kembali bangkit dan semangat dalam membangun bangsa khususnya daerah masing-masing,” tuturnya. NAL

Pos terkait