Hujan Mengguyur, Lokasi Perkemahan Digenangi Air: Orangtua Panik

  • Whatsapp
Lokasi Perkemahan di Toili digenangi air. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Hujan mengguyur sejak sore hari mengakibatkan sejumlah area Kemah Prestasi di Desa Bukit Jaya, Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai digenangi air pada Selasa malam (9/8/2022). Kondisi ini pun membuat panic orangtua peserta pramuka.

Mendapat informasi itu, tidak sedikit orangtua yang langsung menuju ke Desa Bukit Jaya tersebut. Seperti yang dilakukan salah seorang warga dari Luwuk Utara.

Bacaan Lainnya

“Soalnya say ape sepupu batelepon depe anak yg di kwaran Luwuk Timur dorang banjir. Mungkin karna dorang p tenda dekat kuala. Dari Luwuk Timur drng p kemah di atasnya gereja kesana. Iye diperempatan dorang ke atas.,” kata salah satu orang tua Peserta Kemah dari Luwuk Utara kepada Banggai Raya Via WhatsApp.

Tidak sedikit orang tua murid langsung mengambil langkah dengan menyewa mobil untuk berangkat ke lokasi Perkemahan di Toili, Selasa malam sekira pukul 20.00 Wita.

Informasi diterima Banggai Raya dari Winardi Kuangga menjelaskan lokasi kemah yang terdampak genangan air hujan tersebut.

“MIN 4 Banggai kondisi kian parah. Daarul Hikmah, Salodik, Biak terendam. Ditambah dengan salah satu  sekolah di Lamala kemasukan (air). Tolong komunikasikan dengan panitia. Kwaran Luwuk Utara siaga 1 banjir,” katanya.

Guru Pendamping Kemah SD Inpres Boyou mengimbau, kepada orang tua siswa tidak perlu panik, kondisinya masih bisa diatasi. Anak-anak lagi istirahat di dalam tenda.

“Hujannya turun terus ini. Tapi, kita sedang membuatkan saluran air hujan agar tidak tergenang. Yang Kena banjir, tenda yang berada di depan, yakni SD Salodik, kemudian di kompleks Lamala, Darul Hikmah. Kalau lokasi kami, masih bisa kita atasi, ” kata guru damping SD Boyou, Iwan Bumulo via telepon.

Hal yang sama disampaikan guru damping lainnya, Herdawati Sulaeman.

Sementara itu,  Camat Luwuk Utara, Iskandar Limonu mengimbau, kepada para orang tua murid dan siswa untuk tetap tenang, jangan panik.

Ia sebagai Mabiran Luwuk Utara terus memantau kondisi di Perkemahan Toili.  “Tenang. Kami terus memantau. Seandainya kakak-kakak Kwarran menginformasikan darurat, baru kami lakukan tindakan evakuasi kepada para peserta. Sabar dan tenang, jangan panik,” imbau Iskandar Limonu.

Hingga berita ini diturunkan, informasi dari lokasi perkemahan prestasi, bahwa area Unit 24, Desa Bukit Jaya masih terus diguyur hujan. RUM

Pos terkait