Honorer di Kecamatan Bunta Antusias Daftar BPJamsostek

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA-  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kabupaten Banggai tak henti-hentinya menyosialiasikan manfaat program Jamsostek hingga menyasar sejumlah kecamatan.

Rabu (7/10/2020), BPJamsostek Banggai yang dipimpin oleh Sahid Wahid SH., MH., melakukan sosialisasi di Kecamatan Bunta dan Kecamatan Lobu. Peserta yang terdiri dari honorer, dan perwakilan perusahaan begitu antusias mengikuti sosialisasi yang dilakukan di dua kecamatan tersebut.

Tak hanya antusias mengikuti sosialisasi, puluhan honorer di Kecamatan Bunta sangat antusias mendaftarkan dirinya sebagai peserta BPJamsostek.

“Alhamdulillah kemarin (Rabu, Red) kami selesai sosialisasi di Bunta dan Lobu. Mereka sangat antusias, apalagi honorer di Bunta langsung mendaftar setelah memahami pentingnya menjadi peserta BPJamsostek,” ujar Sahid Wahid kepada Banggai Raya, Kamis (8/10/2020) di ruang kerjanya.

Sosialisasi yang dilaksanakan di Kecamatan Bunta dibuka secara resmi oleh Camat Bunta, Arsat Tamagola. Sekitar 50 peserta menghadiri sosialisasi tersebut.

“Bahkan mereka (honorer) ingin mendaftarkan juga suaminya yang bekerja sebagai petani. Karena mereka paham betapa penting dan besarnya manfaat dari program BPJamsostek,” katanya.

Sahid menegaskan, Jamsostek memiliki manfaat yang besar. Mengingat setiap pekerja, seperti honorer memiliki risiko yang sama seperti pekerja lainnya, baik itu kecelakaan kerja maupun kematian.

“Hanya dengan iuran Rp11 ribu untuk dua program yaitu JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja) dan JKM (Jaminan Kematian), ketika peserta tidak diminta-minta meninggal. Ahli waris mendapatkan santunan kematian Rp42 juta,” terangnya.

Kemudian, jika peserta BPJamsostek mengalami kecelakaan kerja, semua biaya pengobatan atau perawatan di rumah sakit ditanggung sepenuhnya BPJS Ketenagakerjaan.

“Jadi mereka sangat semangat sekali mendaftar. Untuk sekarang dua program dulu, JKK dan JKM. Tapi ada juga yang ingin mendaftar lebih dari dua program,” tutur Sahid.

Dengan sosialisasi ini, peserta yang ikut sosialisasi nantinya akan menyampaikan informasi tersebut kepada rekan-rekan kerjanya. Mengingat dalam sosialisasi, jumlah peserta sangat dibatasi karena dalam masa pandemi Covid-19.

Usai sosialisasi tentang manfaat program Jamsostek, dilanjutkan dengan penyerahan kartu kepesertaan kepada honorer oleh Camat Bunta, Arsat Tamagola. “Kemarin yang daftar belum terlalu banyak. Tapi informasi dari camat, ada 500 honorer di Kecamatan Bunta,” jelas Sahid.

Sahid berharap, seluruh honorer dan pekerja di Kabupaten Banggai pada umumnya dapat terdaftar sebagai peserta BPJamsostek. JAD

Pos terkait