HIMABIO UMLB Selenggarakan Orientasi Pengenalan Lapangan

  • Whatsapp
ABADIKAN momen saat kegiatan oritentasi pengenalan lapangan yang diikuti 21 mahasiswa baru. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) baru saja selesai menyelenggarakan kegiatan Orientasi Pengenalan Lapangan (OPL).

Kegiatan rutin dan wajib diikuti mahasiswa baru itu berlangsung selama tiga hari yang dimulai sejak tanggal 17 sampai 19 September 2021. Orientasi Pengenalan Lapangan ini ini merupakan angkatan ke-VI tahun 2021.

Bacaan Lainnya

Ketua HIMABIO UMLB, Muliyadi Molomban mengatakan, OPL ini berlangsung selama tiga hari dan diikuti 21 peserta. Semua peserta adalah mahasisswa baru di Prodi Pendidikan Biologi kampus hijau tersebut.

Turut dihadiri Ketua Prodi Biologi UMLB, Wahyudin Abd Karim, dan Pembina HIMABIO UMLB. Kemudian, para alumni angkatan 1 Prodi Biologi serta mahasiswa di prodi tersebut juga ikut menyukseskan OPL.

“Selama tiga hari kegiatan, peserta menerima materi dan muatan Islami. Kemudian memberikan pengetahuan kepada peserta OPL tahun 2021 tentang bagaimana mekanisme saat pratikum lapangan nanti,” ujarnya, Senin (20/9/2021).

Tak hanya itu, peserta OPL juga diajarkan tentang dasar-dasar sampling dan teknik pengambilan sampel atau bahan praktikum.Berikutnya, peserta juga diajarkan tentang bagaimana tata letak daun pada batang atau filotaksis.

“OPL ini juga merupakan bagian dari kaderisasi anggota HIMABIO FKIP UMLB dan mahasiswa baru yang ikut kegiatan ini telah dikukuhkan sebagai anggota,” katanya.

Adapun tujuan dilaksanakannya OPL ini kata Mulyadi, untuk melahirkan peserta yang tangguh pada saat melaksanakan praktikum lapangan. Tak hanya itu, mahasiswa juga dilatih agar tidak kaku atau sudah terbiasa pada saat Praktikum Lapangan nanti.

“Jadi mahasiswa dapat memahami tentang mekanisme pada saat di lapangan dan metode pengambilan sampel praktikum nanti. Ini juga untuk membentuk kader mahasiswa Pendidikan Biologi atau anggota HIMABIO UMLB yang kompak menjunjung nilai-nilai kebersamaan dan solidaritas. Dan tangguh, bertanggung jawab, unggul, berdaya saing dan islami,” jelasnya.

Ia berharap, melalui OPL ini dapat melahirkan kader anggota Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) Program Pendidikan Biologi FKIP UMLB yang tangguh, kompak, unggul dan berdaya saing serta Islami. (*)

Penulis: Jajad Sudrajad

Pos terkait