Herwin Yatim Dinilai Berhasil Menjaga Kerukunan Umat Beragama

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Bupati Herwin Yatim dinilai sebagai pemimpin yang sukses menghadirkan kerukunan umat beragama di Kabupaten Banggai. Hal ini dirasakan langsung oleh Roy (56), salah satu pendeta yang berasal dari Desa Awu, Kecamatan Luwuk Utara.

Roy menuturkan, kerukunan tersebut berkat kepemimpinan Herwin Yatim. Menurutnya, orang nomor satu di Banggai itu selalu mengajarkan dan mencontohkan nilai-nilai toleransi antar umat beragama dalam kehidupan sehari-hari.

“Selama di Kabupaten Banggai ini cukup terjaga, terawat dan cukup harmonis. Hal ini tidak terlepas dari peran Pak Bupati, yang terus mengayomi sebagai pemimpin daerah,” tutur Pendeta Roy.

Roy juga menambahkan bahwa di masa kepemimpinan Bupati Herwin, banyak perubahan yang telah terjadi di Kabupaten Banggai. Tak heran katanya, jika Banggai terus menjadi daerah percontohan.

Senada dengan Roy, Deki Kendari (63) seorang Pendeta dari Desa Boloak, Kecamatan Balantak, juga mengungkapkan bahwa sebagai seorang pemimpin, sikap Bupati Herwin patut dijadikan contoh yang selalu membantu tanpa membeda-bedakan latar belakang agama, suku dan lainnya.

“Ia (Bupati Herwin) menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama. Bersikap baik kepada sesama, saling menghargai dan menghormati. Jadinya Kabupaten Banggai selama ini aman dan damai,” ungkap Deki saat bertemh dengan Bupati Herwin di Desa Boloak.

Dalam kunjungan ke Desa Boloak, Bupati Herwin mengungkapkan bahwa kerukunan umat beragama harus terus dijaga dan dirawat. Pasalnya, orang nomor satu sangat memegang teguh falsafah Bhinneka Tunggal Ika.”Mari kita bersama menjaga dan merawat kerukunan yang telah diwariskan oleh para leluhur. Meskipun berbeda kita semua tetap satu,” ujar Bupati Herwin.

Selain itu, Bupati Herwin juga mengajak para pemuka agama untuk terus membimbing umat  agar terus menghadirkan rasa kesatuan di tengah masyarakat.

Pasalnya, menurut orang nomor satu di Banggai itu, pemuka agama merupakan ujung tombak bagi kemaslahatan umat dan juga sebagai pemersatu umat beragama, berbangsa dan bernegara. JAD/*

Pos terkait