Herwin-Mustar Pemimpin Motivator Pembawa Perubahan

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Kabupaten Banggai adalah salah satu daerah di ujung Timur Sulawesi Tengah yang namanya mulai dikenal di level nasional.

Banyak pejabat negara di negeri ini yang mengidolakan Kabupaten Banggai. Hal itu tak lepas dari prestasi yang ditorehkan daerah ini. Prestasi yang terus ditorehkan daerah Kabupaten Banggai, salah satunya tak lepas dari pemikiran leadership Bupati dan Wakil Bupati dengan berbagai inovasinya.

Maka tak heran, Kepala Pusat Kajian Pendidikan dan Pelatihan Aparatur II LAN, Dr. Andi Taufik menyebut Bupati Banggai Herwin Yatim dan Wakil Bupati Mustar Labolo sebagai motivator pembawa perubahan.

Pernyataan Andi Taufik ini disampaikan dalam pelaksanaan kepemimpinan administrator ke I tahun 2020 yang dilaksanakan Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan LAN Makassar melalui video conference, Selasa (9/6/2020). LAN memilih Kabupaten Banggai sebagai lokasi pelaksanaan pelatihan kepemimpinan administrator secara virtual dengan 20 orang peserta.

Andi Taufik menilai Bupati Herwin Yatim dan Wakil Bupati Mustar Labolo tidak hanya pemberi motivasi bagi perkembangan dan pembangunan daerah namun keduanya adalah pemimpin yang berkarakter dan rendah hati. “Saya mencatat dan menilai dua sosok pemimpin yang rendah hati dan berkarakter sangat baik. Selain menghargai serta menghormati apa yang dikerjakan bawahan keduanya terus memberikan motivasi yang mengangkat moral dan semangat,” katanya.

Ia menilai kepemimpinan Herwin dan Mustar memiliki visi yang jelas yang sejalan dengan visi-misi pemerintah dan selalu menjadikan masa lalu untuk belajar. “Kita banyak menemukan catatan kegagalan suatu daerah bukan karena potensi daerahnya tetapi karena ketidakmampuan leader. Tapi tidak untuk Kabupaten Banggai, keduanya memiliki visi dan misi yang jelas. Hal itu terasa sekali, sehingga tak heran bisa bersaing dengan daerah lain, dan mampu tampil terdepan di level nasional bahkan international,” ungkapnya.

Andi mengaku tidak memilki hubungan dengan Bupati dan Wakil Bupati bahkan sama sekali tidak tau. Namun berangkat dari keberhasilan Kabupaten Banggai dalam berbagai prestasi sehingga bisa mengenal. “Saya belajar dari keduanya yang selalu respek terhadap orang lain. Apa yang dicanangkan selalu tuntas dan apa yang awalnya terlihat biasa namun bisa menjadi luar biasa. Inilah yang ada pada Kabupaten Banggai, memiliki pemimpin yang berfikir luar biasa untuk kemajuan daerahnya. Menjadikan inovasi tidak mudah dan berhasil menjadikan inovasi sebagai gaya hidup,” ujarnya.

Ia mengakui melihat banyak perubahan di Kabupaten Banggai. Ia pun merencanakan untuk mengirim peserta pelatihan kepemimpinan berikutnya di Kabupaten Banggai. “Saya menjadi saksi hidup melihat perubahan di Banggai. Semoga keberhasilan Banggai bisa menginspirasi kita semua,” tuturnya.

Sementara itum Bupati Banggai Herwin Yatim dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap LAN yang telah memilih Kabupaten Banggai sebagai lokasi pelatihan kepemimpinan administrator.

Bupati tak lupa memperkenalkan berbagai inovasi yang telah mengharumkan nama Kabupaten Banggai di level nasional dan internasional seperti inovasi Pinasa dan Posyandu Prakonsepsi.

Inovasi Pinasa masuk dalam Top 45 Inovasi Pelayanan Publik dan akan dipertandingkan di New York. Sementara Posyandu Prakonsepsi menjadi telah diakui oleh Kementerian Kesehatan atas keberhasilan menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Banggai. NAL

Pos terkait