Hasil Swab Pertama, PDP Negatif Covid-19

  • Whatsapp
ODP Terbanyak di Batui

BANGGAI RAYA- Seorang warga yang dirawat di ruang isolasi RSUD Luwuk dan berstatus pasien dalam pengawasan (PDP), telah dipulangkan ke rumah dan menjalani isolasi secara mandiri, menyusul kondisinya yang terus membaik. Hasil swab (usap tenggorokan) pertama terhadap pasien yang berasal dari Kecamatan Toili Barat itu, juga dinyatakan negatif virus corona atau Covid-19.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Banggai Nurmasita Datu Adam dalam siaran persnya, Selasa petang (31/3/2020).

Bacaan Lainnya

Saat ini kata dia, petugas medis dan pasien dalam pengawasan tersebut tengah menunggu hasil uji swab kedua di Makassar. “Hasil pemeriksaan  swab pertama negatif, sesuai pedoman menentukan positif negatifnya nanti dari hasil pemeriksaan swab kedua. Kemarin, kami sudah mengirimkan sampel pemeriksaan swab kedua. Menunggu hasil, semoga hasil pemeriksaanx negatif,” kata Nurmasita.

Untuk proses isolasi secara mandiri di rumah, PDP tersebut kata Nurmasita, akan tetap dipantau oleh Puskesmas setempat, termasuk memastikan bahwa pasien itu tidak berinteraksi sosial dan tetap mematuhi anjuran menjaga jarak dengan warga lain. “Puskesmas yang melanjutkan untuk pemantauan selanjutnya,” ujar Nurmasita.

Terkait dengan jumlah ODP atau orang dalam pemantauan yang memiliki gejala sakit batuk ringan dan demam, hingga Selasa kemarin jumlahnya bertambah dua orang, hingga menjadi 16 orang. Meski demikian, terdapat dua warga berstatus ODP itu yang sembuh. Sementara yang masih dalam pemantauan berjumlah 14 orang.

Dari 16 ODP tersebut, sesuai hasil surveilans Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banggai, jumlah terbesarnya berada di Kecamatan Batui sebanyak 10 ODP dan satu diantaranya sudah sembuh, disusul Kintom dengan tiga ODP, Luwuk satu ODP namun sudah sembuh dan Luwuk Timur dengan dua ODP. Sedangkan warga berstatus PDP berasal dari Kecamatan Toili Barat. DAR