Hasil Pileg 2024 Jadi Syarat Parpol Usung Paslon di Pilkada

BANGGAI RAYA-Pemilu legislatif telah selesai dilaksanakan, dan di depan mata, kita semua termasuk di Kabupaten Banggai, bersiap menghadapi Pilkada 2024, guna memilih bupati dan wakil bupati.

Pilkada 2024 memang digelar serentak di seluruh Indonesia, baik provinsi maupun kabupaten/kota.

Terkait syarat pencalonan pasangan calon di Pilkada nanti, muncul pertanyaan sejumlah kalangan terkait pasangan calon usungan partai politik, apakah parpol menggunakan hitungan persentase 20 persen kursi di DPRD, sesuai pemilu 2019 atau 2024. Pasalnya, pilkada kali ini dipercepat, dan saat pendaftaran calon pada 27-29 Agustus 2024, masih ada anggota DPRD yang belum dilantik. Khusus untuk Kabupaten Banggai sendiri, pelantikan anggota DPRD terpilih baru dilaksanakan pada 28 Agustus 2024.

BACA JUGA:  Mudahkan Masyarakat, BPJS Kesehatan Hadirkan Layanan Secara Langsung Melalui Program BUKADESA di Morut

Namun Divisi Sosialisasi KPU Banggai, Mahmud, memastikan bahwa syarat parpol mengusung Paslon dengan persentase minimal 20 persen kursi DPRD, adalah berdasarkan hasil pileg 2024. “Yang digunakan adalah hasil pemilu 2024,” tandasnya menjawab pertanyaan media, Senin (18/3/2024).

BACA JUGA:  Pimpin SDN Pembina Luwuk, Sugeng Komitmen Tingkatkan SDM Guru di Bidang IT

Bila mengacu pada hasil rekapitulasi perolehan suara parpol untuk tingkat kabupaten, hanya dua parpol yang bakal meraih minimal 20 persen kursi di DPRD Banggai. 20 persen dari 35 kursi DPRD Banggai, adalah 7 kursi. Dua parpol yang bersyarat tanpa koalisi di Kabupaten Banggai adalah Partai Golkar dengan perkiraan 11 kursi dan Partai Gerindra dengan 7 kursi.

BACA JUGA:  Gegara Kotoran Ayam, Pria di Mendono Ini Dianiaya, Polisi Turun Mediasi

Di bawahnya ada PDIP dengan 6 kursi, Partai NasDem dengan 4 kursi, PKB dengan 3 kursi, PAN dengan 2 kursi, serta Partai Hanura dan PKS masing-masing 1 kursi. Ini artinya, khusus untuk PDIP, NasDem, PKB, PAN, Hanura dan PKS harus berkoalisi untuk bisa mengusung pasangan calon di Pilkada Banggai 2024. DAR

Pos terkait