Harga Kebutuhan Pokok Mulai Terkendali

BANGGAI RAYA- Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Banggai, Hasrin Karim menyebut harga berbagai jenis kebutuhan pokok di 17 pasar rakyat di daerah ini, hingga Rabu (8/4/2020) mulai terkendali, dengan adanya operasi pasar murah.

Ia mengatakan terkendalinya harga karena pasokan dan distribusi bahan pokok  melalui operasi pasar murah di seluruh wilayah di daerah ini berjalan lancar.

BACA JUGA:  Rayakan IdulAdha, Pekerja JOB Tomori dan Mitra Kerja Salurkan 29 Ekor Hewan Qurban

Meski permintaan masyarakat terhadap beberapa jenis kebutuhan pokok meningkat, namun karena stok tersedia dalam jumlah memadai, hargapun tetap stabil.

Dia mengaku pasokan komoditi-komoditi penting dari luar daerah seperti gula pasir, tepung terigu dan minyak goreng tidak ada hambatan. Demikian halnya dengan komoditi lainnya.

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi, komoditas yang mengalami lonjakan harga hanya terjadi pada komoditas sayuran, yakni tomat.

BACA JUGA:  Idul Adha 1445 H, Masjid An Nuur Luwuk Sembelih 11 Ekor Sapi Kurban

Harga buah tomat di pasaran, khususnya di 17 pasar rakyat di daerah ini dalam beberapa hari terakhir bergerak naik cukup tajam.

Harga tomat dijual para pedagang di saat ini berkisar Rp10.000 hingga 12.000 per kilogram (Kg). Sementara harga komoditi lain seperti beras, gula pasir, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, daging sapi, telur ayam di tingkat pengecer sudah mulai stabil.

BACA JUGA:  Rayakan IdulAdha, Pekerja JOB Tomori dan Mitra Kerja Salurkan 29 Ekor Hewan Qurban

Harga beras medium di pasaran masih dibawah harga eceran tertinggi (HET) di tetapkan pemerintah yakni Rp8.500 per kg, beras premium Rp9.500 per kg. Berikutnya, harga minyak goreng Rp12.500 per liter, gula pasir Rp16.500 per kg, bawang putih Rp44.000 per kg, bawang merah Rp35.000 per kg, telur ayam Rp50.000 per rak dan daging sapi segar Rp120.000 per kg. MAN