Hafal 30 Juz Alquran, 3 Lulusan Daarul Hikmah Luwuk Dapat Hadiah Umrah

Bersama sang ibu, tiga santriwati peserta wisudawan dengan hafalan 30 Juz Alquran ini mengabadikan momen. FOTO: IST

BANGGAI RAYA- Pondok Pesantren (Ponpes) Daarul Hikmah Luwuk melangsungkan prosesi wisuda dan penamatan untuk lulusan Madrasah Tsnawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA),Minggu (7/5/2023) di Hotel Estrella Luwuk.

Wisuda yang dipimpin langsung Pimpinan Ponpes Daarul Hikmah Luwuk, KH. Muhammad Muadz Lc., M.Hi., ini diikuti 137 lulusan dengan rincian, 82 peserta tingkat MTs, dan 47 peserta tingkat MA. Ini merupakan wisuda angkatan ke 3 untuk MTs dan angkatan ke 6 untuk MA.

Dalam momentum wisuda kali ini, ada tiga santriwati lulusan Ponpes Daarul Hikmah Luwuk yang mampu menghafal 30 Juz Alquran.  Ketiganya adalah lulusan tingkat Madrasah Aliyah.

Hafal 30 Juz Alquran, ketiga santriwati ini mendapatkan bonus atau hadiah berupa tiket umrah. Hadiah Umrah ini dipersembahkan dari salah seorang donatur dan juga pengusaha ternama di Kota Luwuk.

BACA JUGA:  Kapolres Banggai Jalin Silaturahmi Bersama Jurnalis

Adapun ketiga santri yang mampu menghafal hingga 30 Juz Alquran dan mendapat hadiah umrah itu adalah Anisa Aulia Rahmad, Rifin Tri Utami dan Raihana Jihan Ulya.

Berikut profil singkat tiga lulusan Ponpes Daarul Hikmah Luwuk yang memiliki hafalan Alquran terbanyak tahun ini yaitu 30 juz dan mendapat hadiah umrah.

Pertama, Fifin Tri Utami yang lulus MA dengan hafalan 30 Juz Alquran ini merupakan putri kelahiran asal Kota Palu, 29 April 2005.

Ia adalah buah hati dari pasangan Asyur D Umar dan Nunung Susiana. Sementara tempat tinggal atau asal Fifin, Ampana, Kabupaten Tojo Una-una.

Kedua, Anisa Aulia Rahmad. Ia adalah buah hati dari pasangan Rahmat Amin dan Rosdina. Anisa lahir di Desa Montop 28 Maret 2005. Dan tempat tinggal asal, Desa Montop, Kecamatan Bulagi Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan.

BACA JUGA:  Tingkatkan Pelayanan, Kapolres Banggai Programkan SPKT Berbasis IT

Kemudian, lulusan ketiga yang memiliki hafalan 30 Juz Alquran dan mendapat hadiah Umrah ini adalah Raihana Jinan Ulya. Putri kelahiran Desa Tibu, 20 Mei 2006 ini tinggal di Desa Tibu, Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong.

Hafizah ini merupakan buah hati dari pasangan Muktasimbillah, S.Ag, dan Hijahtul Aswad, S.Pd.I.

Mampu melahirkan hafizah dengan hafalan 30 Juz Alquran, tentunya menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Ponpes Daarul Hikmah Luwuk. Kunci dalam menghafal, disebutkan hanya sungguh-sungguh. Sungguh-sungguh menjadi santri dan sungguh-sungguh menghafal.

“Alhamdulillah, tahun ini kami melahirkan tiga santri yang hafizah dengan hafalan 30 juz Alquran. Sebelumnya juga pernah ada, tapi tidak murni dari Ponpes Daarul Hikmah Luwuk,” ungkap Pimpinan Ponpes Daarul Hikmah Luwuk, KH. Muhammad Muadz Lc., M.Hi., dalam sambutannya, di hadapan para tamu undangan.

BACA JUGA:  Pemda Banggai - BSI Lanjutkan Kerja Sama Layanan Perbankan Syariah

Olehnya, Ia  mengaku bangga dan mengapresiasi kepada tiga lulusan dengan hafalan 30 Juz Alquran. Pasalnya, ketiga santriwati belajar menghafal dari nol di Ponpes Daarul Hikmah Luwuk.

“Ponpes Daarul Hikmah Luwuk, sejatinya mewajibkan setiap santri bisa menghafal 3 Juz Alquran. Tapi Alhamdulillah, banyak santri kami yang hafal lebih dari tiga juz selama tiga tahun. Tentunya kami sangat mengapresiasi,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Ustadz Muadz sapaan akrabnya, juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai dan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banggai yang telah banyak membantu dalam memajukan ponpes yang dipimpinnya.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Ketua Panitia, yang bekerja keras hingga terlaksana dengan baik penyelenggaraan wisuda ini. Terima  kasih juga kepada bapak ibu tamu undangan serta wali santri,” tandasnya. (*)

Pos terkait