Hadra Rasakan Manfaat Besar Program JKN, Jadi Proteksi Diri Peroleh Layanan Kesehatan 

HadraBANGGAI RAYA- Saat ini jaminan kesehatan merupakan suatu kebutuhan yang wajib dimiliki oleh setiap orang. 

Sakit yang dapat datang kapan saja dan dimana saja membuat jaminan kesehatan dapat menjadi proteksi diri dalam memperoleh pelayanan kesehatan saat dibutuhkan. Hal itu lah yang turut dirasakan oleh Hadra (32).

Hadra yang merupakan salah satu peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) ini mengaku, berkat terdaftar sebagai peserta JKN, dirinya jadi lebih tenang jika sewaktu-waktu terserang penyakit atau membutuhkan pelayanan kesehatan.

Hadra mengungkapkan, dia paham betul akan pentingnya memiliki jaminan kesehatan, karena ketika sakit maka bekerja pun menjadi sangat sulit. 

Menurutnya, sakit bisa datang tanpa diduga, jika sakit dan tidak memiliki jaminan kesehatan, seseorang sudah pasti akan mengeluarkan biaya kesehatan yang besar. 

Seperti saat ini ketika dirinya sedang mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Banggai karena komplikasi  gula darah.

BACA JUGA:  Warga Antusias ikut Pemilu PSU di Dua TPS di Kabupaten Banggai

“Tergabung ke dalam peserta BPJS Kesehatan itu sangat penting, karena kalau kita sakit kita sudah punya perlindungan, dan tidak perlu psuing dengan biaya pengobatan. Untuk pelayanan di rumah sakit atau puskesmas saya rasa tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena selama ini pelayanan yang diberikan sudah sangat baik, sepanjang yang saya alami,” ungkapnya.

Bukan hanya itu dirinya juga mengaku telah mendapatkan perawatan sudah lebih dari dua hari karena komplikasi gula darah. Awalnya, dirinya sudah merasa lebih baik dan sudah direncanakan untuk kembali ke rumah. 

Namun, tak lama berselang, kondisi kesehatan Hadra kembali menurutn, sehingga mengharuskan Hadra untuk menjalani rawat inap kembali.

Lebih lanjut, dirinya juga mengatakan bahwa pelayanan yang diperoleh di fasilitas kesehatan juga sudah memenuhi standar, pelayanan yang mudah dipandang sebagai kelebihan dari Program JKN. 

BACA JUGA:  PSU dua TPS di Banggai, Pemilih 'Modal KTP' Tak Dilayani

Selain itu, kinerja petugas kesehatan dalam melayani juga dinilai sudah sangat baik. Hal ini tentu menjadi nilai positif untuk semakin meyakinkan peserta Program JKN bahwa pelayanan di fasilitas kesehatan memang tidak ada adminsitrasi.

“Administrasinya gampang sih, tidak ada kesulitan bagi kami untuk melakukan pengurusan, apalagi sekarang cukup dengan KTP sudah bisa dilayani. Terus dokter dan petugas yang menangani juga sejauh ini menangani dengan baik. Kalau pengeluaran biaya tambahan sama sekalli tidak ada, selama saya di sini belum ada mengeluarkan uang speser pun,” ungkapnya.

Hadra menambahkan, menurutnya Program JKN merupakan penyelamat bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang memiliki ekonomi rendah. Di masa transisi setelah Covid-19 masih banyak masyarakat yang berusaha bangkit. Menurutnya, di sinilah peran Program JKN sehingga masyarakat tidak perlu khawatir apabila sakit, karena ada Program JKN yang menanggung biayanya.

BACA JUGA:  Hari Ini, 252 Warga Karaton Lakukan Pemungutan Suara Ulang di TPS 02 

“Dengan adanya Program JKN ini, tentunya akan sangat banyak membantu masyarakat termasuk saya. Saya sangat bersyukur menjadi peserta Program JKN. Banyak Masyarakat yang membutuhkan biaya pengobatan, kalau sudah sakit tidak perlu risau lagi karena ada BPJS Kesehatan yang menanggung,” tambahnya.

Di akhir pembicaraan, Hadra sangat berharap Program JKN akan terus ada unutk melayani masyarakat dan dapat terus meningkatkan kualitas layanannya. Dirinya juga tidak lupa berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Banggai yang telah peduli, sehingga dapat mendaftarkan masyarakat yang membutuhkan ke dalam Program JKN, termasuk dirinya dan keluarganya.

“Semoga Program ini bisa terus hadir untuk menjamin masyarakat ekonomi lemah yang membutuhkan sekali biaya berobat ketika sakit. Terima kasih juga kepada pemerintah dan BPJS Kesehatan dan semua yang terlibat sehingga masyarkaat dapat merasakan dampak positif dari program ini,” tutupnya.  (*)

Pos terkait