Hadapi Perubahan Iklim, DSLNG Rayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan Aksi Tanam Pohon

FOTO: Dokumentasi DSLNG

BANGGAI RAYA- Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni, PT Donggi-Senoro LNG (DSLNG) melakukan aksi penanaman pohon di area Kilang DSLNG. Sebanyak 106 pohon durian ditanam bersama oleh karyawan DSLNG dan mitra bisnisnya pada Sabtu (8/6/2024).

Aksi penanaman pohon ini bertujuan untuk memaksimalkan penyerapan karbon dioksida dari atmosfer serta merestorasi lahan di area penanaman. Ini sejalan dengan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024, “Restorasi Lahan, Penggurunan, dan Ketahanan terhadap Kekeringan”. Tema ini diangkat untuk menyoroti pentingnya tindakan masyarakat global dalam memulihkan lahan terdegradasi hingga mitigasi terhadap perubahan iklim.

BACA JUGA:  Rayakan Iduladha 1445 Hijriah, DSLNG Berbagi Kurban 17 Ekor Sapi

Selain tema tersebut, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 juga mengusung slogan menarik, yakni “Our Land, Our Future” yang berarti ‘Lahan Kita, Masa Depan Kita’.

FOTO: Dokumentasi DSLNG

Plant General Manager DSLNG Hirohisa Omura dalam sambutannya menyebutkan, tema kampanye “Tanah kita, Masa depan kita, Kita adalah Generasi Restorasi” adalah pesan yang kuat, untuk mengingatkan kita bahwa kesehatan tanah secara langsung terkait dengan kesejahteraan kita sendiri.

“Di sini di DSLNG, kami sangat memahami hal itu. Kami bergantung pada Lingkungan yang sehat untuk sumber daya kami, dan kami memiliki tanggung jawab untuk memberi kembali. Itulah mengapa saya sangat senang dengan acara hari ini,” terang Omura.

BACA JUGA:  Naik Turunnya Keuangan Syariah: Refleksi Ketidaksempurnaan

“Hari ini kita, kita tidak hanya berbicara tentang lingkungan, kita bertindak dan menanam pohon bersama. Pohon adalah pembangkit tenaga alam. Mereka membersihkan udara kita, menyediakan rumah bagi satwa liar, dan memerangi perubahan iklim. Setiap pohon yang kita tanam membuat perbedaan. Ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk merayakan planet kita yang luar biasa dan berkomitmen kembali untuk melindunginya. Mari jadikan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini sebagai hari yang tak terlupakan. Hari di mana kita bersatu sebagai tim untuk memberikan dampak positif pada planet kita,” lanjut Omura.

BACA JUGA:  Meneropong Keadilan Islam dalam Kasus Vina, Sebelum 7 Hari: Sebuah Refleksi Hukum dan Moral

Aksi penanaman pohon ini merupakan yang kesekian kalinya dilakukan oleh DSLNG. Sejak memulai pembangunan kilang DSLNG di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah pada 2011 silam, aksi penanaman berbagai jenis pohon baik dalam beberapa peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia maupun dalam program-program reboisasi di dalam maupun di luar lingkungan Kilang DSLNG telah dilakukan, termasuk di kawasan Suaka Margasatwa Bakiriang. (*)

Pos terkait