Hadapi Musim Banjir, Warga Minangandala Masama Siapkan Rakit

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA– Memasuki musim penghujan dan untuk mengantisipasi terjadinya banjir, warga Minangandala, Kecamatan Masama bersama Babinsa Sertu Aswin membuat rakit dari bambu. Sebanyak empat rakit dibuat untuk menghadapi musim banjir.

Wakil Sementara Danramil-06/Lamala, Pelda Heni Sanherib Thia kepada Banggai Raya, Kamis (4/6/2020) mengatakan, pembuatan rakit itu dilakukan selama dua hari yakni sejak tanggal 3-4 Juni 2020.

“Pembuatan rakit ini dilakukan karena Minangandala selalu terdampak banjir di setiap musim penghujan dan ketinggiannya mencapai satu meter lebih,” ujar Pelda Heni Sanherib Thia.

Rakit yang dibuat dari bambu itu kata Pelda Heni , nantinya juga akan dimanfaatkan mengangkut motor yang sering terjebak banjir dan  untuk mengevakuasi masyarakat utamanya lansia dan anak-anak dari lokasi banjir.

“Rakit ini ditempatkan di titik-titik yang rawan banjir, satu rakit disiapkan di jalan penghubung Desa Minangandala dan Desa Purwoagung yang sering terputus akibat banjir,” jelasnya.

Kerja sama warga dengan Babinsa Minangandala Koramil 1308-06/Lamala, Sertu Aswin dalam hal mempersiapkan penanggulangan bencana ini mendapatkan apresiasi dari elemen masyarakat.

Masyarakat berharap, kedepan masyarakat bisa memiliki perahu karet bantuan dari pemerintah dalam hal ini BPBD yang bisa selalu disiapkan di wilayah apabila terjadi banjir. JAD

Pos terkait