Guru Harus Terus Berinovasi Hadapi Era 4.0

  • Whatsapp
PENYERAHAN piagam penghargaan kepada para pensiunan guru dari masing-masing kecamatan. Tampak Ketua PKK Banggai turun menyerahkan. FOTO: JAJAD SUDRAJAD

BANGGAI RAYA- Tugas dan tanggungjawab guru saat ini amat besar. Guru harus terus berinovasi dalam menghadapi era edukasi 4.0, dan era abad 21 yang diwakili Generasi Z dan Generasi ALFA yang proses pendidikannya sangat dipengaruhi oleh loncatan digital yang begitu cepat.

Hal itu disampaikan Bupati Banggai, Ir, H. AmirudinTamoreka dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli dr. Gunawan saat menjadi Pembina Upacara Hari Guru Nasional dan HUT ke-76 PGRI, Kamis (25/11/2021) di Lapangan Bumi Mutiara luwuk.

Bacaan Lainnya

Tanggungjawab besar ini kata Bupati, janganlah dipandang sebagai beban tetapi menjadi sebuah kehormatan. Karena para guru mendapat kehormatan untuk menumbuhkan generasi baru yang mencerdaskan.
Pandemi covid yang dihadapi selama dua tahun ini, merupakan ujian yang cukup hebat.

“Mengajak kita untuk memetik hikmanya. Karena dengan kondisi ini (pandemic) membuat para guru harus terus berupaya beradaptasi dengan situasi, kondisi serta belajar mengajar guna membantu dan mengantarkan para murid ke gerbang pintu masa depan dengan ilmu pendidikan yang bermanfaat,” ujarnya.

Selama pandemic kata Bupati, lahir sistem pembelajaran dalam jaringan (Daring), sistem pembelajaran jarak jauh, hingga pembelajaran tatap muka secara terbatas. Namun semua ini, tidak mematahkan semangat guru untuk terus mengabdi pada negara.

“Kabupaten Banggai saat ini sudah zona hijau, namun vaksin belum mencapai 50 persen. Hal ini yang menyebabkan Banggai masih pada Level III. Olehnya itu, bagi ASN yang belum divaksin diharapkan segera divaksin. Karena hal ini akan menghambat berbagai pengurusan bagi dirinya,” tekannya. (*)

Penulis: Jajad

Pos terkait