Gudang di Pusat Kota Luwuk Bikin Macet

Salah satu jalan yang macet karena adanya gudang dan kegiatan bongkar muat di tengah kota. FOTO ISKANDAR

BANGGAI RAYA-Kondisi jalan kota Luwuk yang sebagian besar berukuran kecil, kerap menjadi titik kemacetan lalulintas. Fenomena itu kian diperparah oleh keberadaan gudang atau toko berukuran besar yang sekaligus berfungsi sebagai gudang di tengah kota.

Seperti di kawasan jalan Tanjung Branjangan Kelurahan Karaton, Kecamatan Luwuk, atau tak jauh dari komplek PLTD milik PLN, masih ada toko yang merangkap sebagai gudang penyimpanan stok bahan bangunan. Keberadaan gudang atau toko merangkap gudang tersebut, menyebabkan kegiatan bongkar muat juga berlangsung di lokasi tersebut.

BACA JUGA:  Tambah 2 Tahun, 250 Kades dan 1.400 Anggota BPD di Banggai Segera Dikukuhkan, Ini Jadwalnya!

Hal ini tentu saja menyebabkan kemacetan lalulintas, terutama di jam-jam sibuk antara pukul 08.00-14.00.

Seperti pada Senin (5/9/2022), jalur jalan alternatif dari arah Kelapa Dua, Kelurahan Simpong menuju pusat kota itu macet dan kendaraan harus berjalan zigzag, karena di kiri dan kanan jalan ada truk yang hendak memuat atau menurunkan barang. Padahal, jalan Tanjung Branjangan itu bukanlah jalan satu arah, sehingga kendaraan dari dua arah berpapasan di area pemberhentian truk tersebut.

BACA JUGA:  Dukung Penanganan Stunting, Pertamina EP DMF Berikan Bahan Pokok Penting untuk Balita Risiko Stunting

Sejumlah pengendara yang melintas, meminta agar petugas Dinas Perhubungan Banggai melakukan penertiban di jalur-jalur rawan macet, terutama area yang sering dipenuhi truk atau mobil besar melakukan kegiatan bongkar muat.

“Ini harus ditertibkan, sebab truk sudah melakukan kegiatan bongkar muat di pinggir jalan atau saat menunggu bongkar muat, mereka parkir di jalur jalan sempit itu. Bagaimana juga gudangnya masih diberi izin di dalam kota,” keluh Suparman, salah satu warga Luwuk yang terjebak kemacetan. Kondisi gudang dan kegiatan bongkar muat di tengah kota seperti ini kata dia, masih sering ditemukan di titik lain di kota Luwuk. DAR

Pos terkait