GUBERNUR SULTENG RESMIKAN 4 PUSKESMAS DAN 5 PASAR DI BANGKEP

  • Whatsapp
Longki: Semoga Pelayanan Kesehatan dan Ekonomi Semakin Meningkat

BANGGAI RAYA- Gubernur Sulteng, Longki Djanggola melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Selasa (15/9/2020). Dalam kunjungannya, orang nomor satu di Sulteng itu meresmikan empat puskesmas dan lima unit Pasar Rakyat yang ada di Bangkep.

Kegiatan peresmian itu, dilakukan secara simbolis bertempat di Puskesmas Desa Kanali, Kecamatan Totikum Selatan. Tak hanya itu, Gubernur Longki Djanggola juga menyerahkan BLT tahap VI bulan September Tahun 2020 secara simbolis.

Sebanyak 372 KK penerima manfaat yang menerima bantuan itu, dari dua desa yakni Desa Kalumbatan dan Desa Kanali Kecamatan Totikum Selatan.

Kemudian, Gubernur selaku Majelis Pembina Daerah Sulteng juga melantik Mejelis Pembina Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bangkep. Dan dilanjutkan dengan Pelantikan Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bangkep oleh Bupati Bangkep selaku Majelis Pembina Cabang.

Dalam kunjungan itu, juga dilakukan penyerahan bantuan CSR oleh PT. Bank Sulteng kepada Pemerintah Kabupaten Bangkep, serta penyerahan sertifikat penghargaan Pemerintah Kabupaten Bangkep kepada rekanan pelaksana pembangunan Puskesmas dan Pasar rakyat. Acara itu dihadiri sekitar 1.200 orang.

Terkait puskesmas yang diresmikan itu dibangun melalui APBN Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik tahun 2019. Pemda Bangkep melalui Dinas Kesehatan Bangkep telah membangun empat gedung baru Puskesmas, di mana 3 Puskesmas merupakan relokasi dari bangunan Puskesmas lama dan 1 Puskesmas baru.

Empat puskesmas itu dengan rincian anggaran yakni, Puskesmas Totikum Selatan dengan nilai kontrak pembangunan Rp7.607.516.349 , Puskesmas Lumbi-lumbia dengan nilai kontrak pembangunan Rp 2.130.000.000., Puskesmas Lolantang dengan nilai kontak pembangunan Rp 7.400.000.000., dan Puskesmas Bonepuso, menelan anggaran Rp 2.073.000.000.

Total dana pembangunan ke-4 Puskesmas tersebut berjumlah Rp 19.210.516.349. Hal itu di luar prasarana seperti Alkes, Ipal, Ambulance dan lain-lain. Dua bangunan merupakan bangunan dengan 2 lantai yaitu Puskesmas Totikum Selatan dan Puskesmas Lolantang yang merupakan Puskesmas rawat inap, sedangkan Puskesmas Lumbi-lumbia dan Puskesmas Bonepuso merupakan bangunan 1 lantai.

Dengan ketambahan Puskesmas baru yaitu Puskesmas Bonepuso, maka Puskesmas di Kab. Bangkep menjadi 14 Puskesmas yang tersebar di 12 Kecamatan.

Gubernur Longki Djanggola berharap, dengan diresmikannya Puskesmas dapat meningkatkan pelayanan kesehatan serta memotivasi seluruh insan kesehatan untuk dapat melahirkan inovasi guna menyelesaikan masalah kesehatan di bumi Trikora. “Terutama dalam penekanan saya adalah bagaimana upaya agar terus mengatasi Stunting, serta kasus kematian ibu dan anak, karena salah satu kasus tertinggi terdapat di daerah ini,” ujarnya.

Puskesmas dan pasar baru kata Gubernur, adalah wujud komitmen Pemda dalam menghadirkan serta memaksimalkan layanan masyarakat. “Kita ketahui salah satu standar fasilitas publik layanan yang berkualitas kepada masyarakat adalah fasilitas kesehatan dan pelayanan pasar. Dan adanya penambahan pasar rakyat yang baru diharapkan dapat berfungsi sebagai salah satu akselarator kemajuan daerah dan ekonomi masyarakat Bangkep,” harapnya. JAD/*

Pos terkait