Geruduk Kanwil ATR/BPN Sulteng, Mahasiswa Pertanyakan Kejelasan HGU PT. MAB

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Sejumlah mahasiswa dan masyarakat yang tergabung dalam Forum Perjuangan Masyarakat pemilik eks lahan tambak udang Batui menggeruduk Kanwil ATR/BPN Provinsi Sulawesi Tengah untuk menyampaikan aspirasinya, Selasa, 1 November 2022.

Puluhan massa aksi ini mempertanyakan terkait kejelasan HGU PT. Matra Arona Banggai. Pasalnya pihak perusahaan mengklaim HGU di tanah warga yang telah memiliki amar putusan Pengadilan Negeri Luwuk, SKPT, SPPT dan PBB.

Bacaan Lainnya

Rendi Ramadhan Johan selaku kordinator aksi menegaskan bahwa HGU PT. MAB dengan dasar peralihan HGU dari PT. Banggai Sentral Shrimp merupakan upaya tidak menghargai Pengadilan Negeri Luwuk.

“Dalam putusan pengadilan jelas bahwa HGU nomor (04/HGU/BPN/B51/94) tidak sah dan tidak mempunyai keluatan hukum,” tegas Rendi yang juga Ketua Kerukunan Keluarga Mahasiswa Kabupaten Banggai.

Lanjut salah satu massa aksi yang juga Ketua LMND Kota Palu, Saharudin mengatakan, seharusnya ATR BPN tidak menerbitkan HGU di tanah masyarakat yang telah memiliki legalitas hukum. Olehnya, Ia meminta BPN untuk segera membatalkan HGU PT. MAB tersebut.

Olehnya Saharudin meminta agar pihak perusahaan untuk segera menghentikan aktivitas di tanah masyarakat.

Pos terkait