Gerak Cepat, BPBD Banggai Bantu Warga Gomuo yang Rumahnya Rusak Akibat Angin Puting Beliung

BANGGAI RAYA- Gerak cepat dilakukan Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banggai dalam musibah angin puting beliung yang melanda Desa Gomuo, Kecamatan Pagimana, Kabupaten Banggai.

Seperti diketahui, musibah angin puting beliung itu terjadi pada Sabtu 6 Mei 2023 sekitar Pukul 17.00 WITA.

Kronologis kejadian, pada Sabtu sekitar Pukul 14.00 Wita sesuai rilis BMKG bahwa potensi cuaca ekstrem diperkirakan akan berdampak meluas ke wilayah Kecamatan Pagimana.

BACA JUGA:  Bupati Banggai Santuni 80 Anak Yatim Piatu di Kecamatan Moilong

Sehingga sesuai jam kejadian di atas telah terjadi bencana angin puting beliung sepanjang pantai Desa Gomuo yang merusak 2 rumah warga.

Berdasarkan rilis BPBD Banggai, dua rumah mengalami rusak berat, dan dua perahu nelayan. Untuk korban jiwa nihil.

BACA JUGA:  Pastikan Kesiapan Pilkada, Badan Kesbangpol Banggai Gelar Rapat Evaluasi

Kasubid Logistik BPBD Banggai, Ardin Arifin mengatakan, adapun langkah-langkah yang dilakukan yaitu berkoordinasi dengan Sekretaris Camat Pagimana, Sekdes Gomuo dan aparat setempat.

Tim Reaksi cepat ini kata dia, dipimpin langsung Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banggai, menuju lokasi titik bencana dan langsung melakukan Assessment serta pendistribusian bantuan Logistik Pangan dan beberapa bahan bangunan sebagai stimulan dalam perbaikan rumah yang terkena dampak rusak berat.

BACA JUGA:  HUT ke-77 Koperasi di Banggai, UMKM Terima Sertifikat Hak Atas Tanah Gratis

Kebutuhan mendesak dalam musibah ini berupa bahan makanan dan perbaikan rumah.

Kondisi saat ini telah kondusif membaik dan bagi warga yang terkena dampak sementara mengungsi di tempat keluarga terdekat, sambil menunggu Tim dari BPBD Kabupaten Banggai akan melakukan Assessment dan tindakan selanjutnya. (*)

Pos terkait