Genjot Vaksinasi, 22 Ribu Dosis Ditargetkan Selesai 4 hari

  • Whatsapp
VAKSINATOR dari Polres Banggai tengah melayani peserta vaksinasi di Untika Luwuk. FOTO: JAJAD SUDRAJAD

BANGGAI RAYA- Pemerintah Daerah (Pemda) Banggai terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi Covid-19, untuk mencapai target sasaran. Saat ini, jumlah sasaran yang telah menjalani vaksinasi dosis pertama baru menembus di angka 17 persen.

Kadis Kesehatan Kabupaten Banggai, dr. Anang Otoluwa mengakui bahwa pencapaian vaksinasi warga di daerah ini masih tergolong rendah. Capaian target vaksinasi yang rendah itu membuat Kabupaten Banggai harus bertahan di PPKM Level 3. Pasalnya, saat ini syarat untuk turun PPKM ke level 2 atau 1, capaian vaksinasi dosis pertama harus mencapai 50 persen.

Bacaan Lainnya

“Meskipun indikator seperti kasus terkonfirmasi, pasien yang dirawat di rumah sakit, kita seharusnya sudah masuk ke Level 1 dan 2. Akan tetapi, kenapa kita masih bertahan karena adanya persyaratan baru dari Mendagri. Yaitu syaratnya populasi yang sudah divaksinasi dosis satu harus 50 persen. Sementara capaian vaksinasi kita baru sekitar 17 persen,” ujar Kadis Kesehatan Banggai, Dr. dr. Anang Otoluwa dalam sambutannya di acara pembukaan Vaksinasi Massal Untika Luwuk, Rabu (22/9/2021).

Melihat capaian itu kata Kadis Anang, perlu upaya dan kerja bersama agar vaksiansi ini dapat dipercepat. Begitupun upaya tracing atau pelacakan yang kontak erat dengan pasien terpapar Covid-19.

“Selain itu, kami juga dihadapkan dengan keterbatasan vaksin. Perlu upaya untuk mendatangkan vaksin dalam jumlah banyak. Insya Allah, seperti disampaikan pak Wakil Bupati, hari Sabtu Mendagri akan berkunjung ke Kabupaten Banggai. Semoga ini bisa menjadi peluang kita, untuk meminta alokasi vaksin dalam jumlah banyak,” katanya.

Saat ini kata Kadis, tersedia sekitar 22 ribu dosis vaksin. Ribuan vaksin ini ditargetkan bisa dihabiskan dalam waktu tiga sampai empat hari.

“Kalau Untika Luwuk bisa dapat 600 sampai 700 orang yang divaksin, tentunya ini sangat membantu kami dalam percepatan vaksinasi,” tuturnya.

Ia berharap, dengan kerjasama semua pihak dan ketersediaan vaksin yang cukup, capaian vaksinasi seperti disyaratkan pemerintah pusat dapat tercapai. Sehingga Kabupaten Banggai bisa menurunkan PPKM hingga Level 2 atau 1. (*)

Penulis: Jajad Sudrajad

Pos terkait