Gelar Bimtek Kampus Merdeka Mandiri, Unismuh Luwuk Hadirkan Duta Kampus Merdeka Prof Anang Wahid 

BANGGAI RAYA- Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai, menggelar Bimbingan Teknis Kampus Merdeka Mandiri, Selasa 27 November 2023. 

Bimtek Kampus Merdeka Mandiri dilaksanakan di Ruang Pascasarjana Unismuh Luwuk Banggai. 

Hadir dalam Bimtek Kampus Merdeka Mandiri, Duta Kampus Merdeka tahun 2020-2023 Prof Anang Wahid Muhammad Diah, MSi.,PhD.

Ketua Panitia Kegiatan, Dr. Hardiyanti, S.Pd., M.Pd, mengatakan, melalui kegiatan Bimbingan Teknis Kampus Merdeka Mandiri ini diharapkan menghasilkan beberapa output. 

Di antaranya peningkatan pengetahuan program BMKM Mandiri di Unismuh Luwuk Banggai, juga tercapainya keseragaman penamaan program PKP yang spesifik dan unik pada setiap prodi maupun fakultas di Unismuh Luwuk Banggai. 

BACA JUGA:  Selama 2 Hari, Unismuh Luwuk Gelar Pelatihan Auditor Mutu Internal

Ia mengatakan, kegiatan Bimtek Kampus Merdeka Mandiri dilaksanakan selama dua hari, mulai Selasa hingga Rabu 28 November 2023.   

Rektor Unismuh Luwuk Banggai, Dr Sutrisno K Djawa, mengapresiasi kehadiran Duta Kampus Merdeka tahun 2020-2023, Prof Anang Wahid Muhammad Diah, MSi.,PhD. 

Dalam kesempatan itu, Rektor Unismuh menyampaikan pada Prof Anang Wahid Muhammad Diah; bahwa sejak program MBKM diinisiasi Mendikbudristek, Nadiem Makarim, pihaknya telah membuat roadmap MBKM dengan delapan indikator.

Namun, kata dia, dalam implementasinya belum dilakukan menyeluruh dan seragam, masih berjalan sendiri-sendiri, dan belum ada kesamaan persepsi antara program studi. 

BACA JUGA:  Pemilu 2024, TPS 12 Luwuk Gelar Pemungutan Suara Ulang

Olehnya, ia berharap kehadiran Prof Anang Wahid Muhammad Diah, dapat membuka wawasan, menyamakan persepsi, dan memberikan penguatan dalam pelaksanaan program MBKM. 

Sutrisno K Djawa, mengatakan, di era digitalisasi dan arus transformasi yang begitu cepat, perguruan tinggi dituntut untuk beradaptasi, terutama dalam hal penerapan kurikulum. 

Ia berharap peserta dari semua program studi memanfaatkan bimtek untuk sharing dalam penguatan kurikulum, terutama terkait rekognisi nilai mahasiswa.

BACA JUGA:  Warga Antusias ikut Pemilu PSU di Dua TPS di Kabupaten Banggai

Harapannya dengan kehadiran Prof Anang Wahid Muhammad Diah, dapat memberikan penguatan-penguatan kepada peserta Bimtek.

Nantinya peserta akan dapat menyamakan persepsi dalam pelaksanaan kampus merdeka mandiri, termasuk tidak gamang melaksanakan rekognisi nilai mata kuliah.

“Termasuk dalam menyamakan persepsi dalam pelaksanaan merdeka belajar kampus merdeka, termasuk Kampus Merdeka Mandiri,” tuturnya saat membuka Bimtek Kampus Merdeka Mandiri. 

Diketahui, Selain Rektor, Bimtek Kampus Merdeka Mandiri, dihadiri oleh Wakil-Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan 1, Ketua Program Sudi, juga dosen dari semua program studi yang masing-masing diwakili dua orang. SN

Pos terkait