Gandeng PT Delta Subur Sejahtera, WIZ Banggai Sukses Gelar Temu Tani di Batui Selatan

BANGGAI RAYA- Program Temu Tani bertemakan “Menuju Banggai Menjadi Lumbung Pangan Nasional” sukses digelar oleh Wahdah Inspirasi Zakat Banggai dengan menggandeng PT Delta Subur Sejahtera di Kecamatan Batui Selatan, Sabtu 18 September 2023.

Dihadiri setidaknya seratusan peserta dari perwakilan masyarakat di 10 desa beserta beberapa Kepala Desa se Kecamtan Batui Selatan serta ada 3 kepala Desa berasal dari Kecamatan Balantak Utara turut hadir.

BACA JUGA:  Naik Turunnya Keuangan Syariah: Refleksi Ketidaksempurnaan

Dalam pemaparannya sebagai pemateri Pimpinan PT Delta Subur Sejahtera, Lania Laosa yang juga mantan Bupati Bangkep mengatakan pupuk temuannya yaitu pupuk Laila Enzim dapat meningkatkan kapasitas produksi sampai 2 kali lipat, contohnya budidaya jagung, dalam 1 hektar dapat menghasilkan minimal 15 ton hasil bersih atau jagung kering siap jual.

BACA JUGA:  Wisatawan Asal Jakarta Tujuan Danau Ubur-Ubur Bokan Kepulauan Karam di Perairan Matanga

“Dengan metode dan penggunaan pupuk Laila Enzim para petani bisa mendapatkan hasil panen lebih dari hasil 20 Ton jagung per hektar , dimana rata-rata petani Indonesia hanya bisa mencapai 7 ton perhektar,” paparnya.

Pada kesempatan temu Tani tersebut Akad Adiwasono, SP., MP., dalam sambutannya mewakili
Bupati Banggai mengatakan, bahwa untuk meningkatkan kualitas hasil pertanian maka saat ini sangat dianjurkan menggunakan pupuk alami,
agar dapat mempertahankan ekosistem dan iklim.

BACA JUGA:  Rayakan Iduladha 1445 Hijriah, DSLNG Berbagi Kurban 17 Ekor Sapi

Sementara itu Risal Panigoro ketua Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) Kabupaten Banggai kepada Banggai Raya, mengatakan tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang zakat pertanian, yang masih sangat jarang petani menunaikannya saat ini. AGK

Pos terkait