Fraksi PAN Tanya Soal Pasar Sentral, Bupati: Kami Punya Dua Rencana

  • Whatsapp
FOTO: RAHMAN ASNAWI

BANGGAI RAYA – Fraksi Partai Amanat Nasional mempertanyakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai dalam melihat kondisi Pasar Sentral Luwuk yang saat ini sudah terlihat kumuh.

Terkait hal itu Pemkab Banggai berencana akan mengubah keberadaan Pasar Sentral Luwuk menjadi Mall atau pasar modern, guna menggenjot peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

Bacaan Lainnya

Hal itu dikatakan Bupati Banggai, Amirudin Tamoreka belum lama ini, saat menjawab sejumlah pertanyaan dan pokok-pokok pikiran dari sejumlah fraksi di DPRD Kabupaten Banggai.

Menurut Bupati, keberadaan Pasar Sentral Luwuk menjadi perhatian pihaknya dalam upaya menggali potensi pendapatan daerah kedepannya.

Bupati menjelaskna, dalam menggali sejumlah potensi pendapatan daerah guna menggenjot peningkatan pendapatan Asli Daerah (PAD), salah satu yang akan dilakukan yakni melakukan penataan Pasar Sentral Luwuk dengan perencaanaan dan kajian yang matang.

Dia memastikan, sebelum melakukan hal itu pihaknya akan mendata orang-orang yang tinggal di Pasar Sentral Luwuk, guna memastikan keberadaan meraka.

“Kami memiliki dua perencanaan terhadap keberadaan Pasar Sentral Luwuk, apakah kita jadikan sebagai Pasar Modern seperti Mall yang dikelola pihak ketiga atau dijadikan Taman Kota,” ujarnya.

Namun kata Bupati, hal ini masih dalam tahap pertimbangan dan akan mempelajari terhadap orang-orang yang tinggal disana.

“Kalau misalnya kita jadikan taman kota kita harus berpikir kemana orang-orang ini kita akan pindahkan, tetapi kalau kita jadikan mall, Insya Allah orang-orang itu tetap disana. Ini perlu kajian khusus tapi waktunya tidak terlalu lama dan Insya Allah kita akan sampaikan ke DPRD,” tegasnya.

Jawaban Bupati tersebut menanggapi pertanyaan Fraksi PAN melalui juru bicaranya, Ibrahim Darise saat memberikan pokok-pokok pikiran dalam pandangan fraksi PAN di Paripurna Pengantar Nota Keuangan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD tahun 2021.

Fraksi PAN kata Ibrahim Darise, melihat keberadaan Pasar Sentral Luwuk yang lokasinya dalam kota ini terlihat sudah kumuh, sehingga dibutuhkan peran pemerintah dalam menata kebaradaan Pasar Sentral Luwuk.

“Yang ingin kami sampaikan apakah Pasar Sentral Luwuk yang sudah kumuh itu akan dijadikan pasar semi modern atau pasar modern dan dibiayai pihak ketiga??,” sebutnya. (*)

Penulis: Rahman Asnawi

Pos terkait