Fraksi NasDem Dorong Pembangunan Pasar Simpong di 2022

  • Whatsapp
ANGGOTA DPRD Banggai Fraksi Nasdem, Sientje Najoan & Helton Abd Hamid. FOTO: ISKANDAR DJIADA

BANGGAI RAYA- Fraksi Partai NasDem DPRD Banggai akan mendorong agar APBD 2022 mengalokasikan anggaran untuk program pembangunan Pasar Simpong Luwuk, pasca kebakaran pertengahan Mei lalu.

Ketua Fraksi NasDem DPRD Banggai Sientje Najoan bersama anggotanya Helton And Hamid kepada media ini Kamis (10/6/2021) mengatakan, Pasar Simpong adalah pusat perbelanjaan tradisional terbesar di Kabupaten Banggai, sehingga harus berfungsi bagus demi menggerakkan ekonomi.

Bacaan Lainnya

Pasca kebakaran besar kata mereka, maka tahun depan Pemda Banggai harus menyiapkan program pembangunan pasar melalui APBD. “Pembangunan Pasar Simpong harus jadi salah satu prioritas Pemda,” tegas Sientje.

Sementara untuk jangka pendek, baik Sientje maupun Helton juga menyatakan bahwa pemda harus melakukan penataan, agar aktivitas pasar tidak semrawut, dan alur jalan tetap bisa difungsikan untuk kendaraan atau lalu lintas.

“Fungsi jalan untuk kendaraan di pasar harus tetap ada, jangan digunakan untuk perdagangan,” tutur Helton.

Sementara itu Ketua DPRD Banggai Suprapto yang dimintai pendapat terpisah mengatakan bahwa APBD Banggai dimungkinkan untuk mengalokasikan anggaran untuk program pembangunan pasar. “Pemda bisa mendorong melalui APBD, agar ada program pembangunan pasar. Bahkan kalau memungkinkan, bila anggaran tersedia, melalui ABT juga bisa. Asalkan tentu anggarannya tersedia,” ujarnya.

Ia mengatakan, pemulihan Pasar Simpong melalui program APBD sangat dimungkinkan, apalagi Pemprov Sulteng juga akan membantu program pemulihan ekonomi melalui pembangunan pasar.

Tak hanya pasar kata dia, SMKN 1 Luwuk yang gedungnya ludes terbakar, juga wajib mendapatkan perhatian Pemda Banggai.

Pos terkait