FISIP UMLB Gelar Lokakarya Kurikulum, Penandatanganan MoU Hingga Kuliah Umum

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA– Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) menggelar tiga kegiatan yakni lokakarya kurikulum Prodi Ilmu Komunikasi berbasis OBE (Outcome-Based Education), Penandatanganan MoU dan Kuliah Umum, Selasa 21 Desember 2021 di Hotel Santika Luwuk.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Rektor UMLB, Sutrisno K Djawa SE., MM., ini menghadirkan narasumber Pakar Komunikasi Prof. Dr. Muhammad Khairil M.Si., yang juga Dekan FISIP Untad.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam pembukaan Dekan FISIP UMLB, Kisman Karinda S.Ag., M.Si., bersama jajaran, Sekretaris BPH Sahrain Sibay, Ketua LP3M, Risno Mina, Ketua LKSI, Wildan Zaman, para stakeholder baik dari instansi pemerintah maupun media.

Penandatanganan MoU antara Dekan FISIP Untad dan Dekan FISIP UMLB. FOTO: JAJAD

Dalam sambutannya, Rektor UMLB, Sutrisno K Djawa., SE., M.Si., mengatakan, di tengah era digital ini perguruan tinggi harus bisa bertransformasi untuk menyesuaikan dengan kondisi kekinian.

Menurut Rektor Sutrisno, kurikulum saat ini tentu harus mengacu pada Kemendikbudristek, dan mengikuti keinginan para stakeholder atau pengguna lulusan.

“Bagaimana kita mengikuti perkembangan ilmu teknologi, dan mengikuti keinginan stakeholder dan masyarakat,” ujar Sutrisno K Djawa.

Dalam kesempatan itu, Rektor juga menyampaikan bahwa di kampus hijau mahasiswa tidak hanya sekadar diberikan ilmu pengetahuan tapi juga tentang Al Islam kemuhammadiyahan. Ini sebagai upaya untuk dapat meningkatkan iman dan takwa para lulusan.

Abadikan momen usai penandatanganan MoU antara Pimpinan Redaksi Banggai Raya Sutopo Enteding dan Kaprodi Ilmu Komunikasi Suanti Tunggala. FOTO: JAJAD

Sementara itu, Dekan FISIP UMLB, Kisman Karinda S.Ag., M.Si., dalam sambutannya mengatakan, lokakarya kurikulum Prodi Ilmu Komunikasi ini serangkaian kegiatan lokakarya beberapa waktu lalu bersama Prodi Ilmu Pemerintahan.

Hanya saja kata Dekan Kisman Karinda, karena sesuatu dan lain hal, kurikulum Ilmu Komunikasi baru bisa diselenggarakan pada Selasa 21 Desember 2021.

“Dengan kehadiran Pak Prof Dr. Muhammad Khairil M.Si., dapat memberikan masukan atau kritikan untuk pengembangan Prodi Ilmu Komunikasi kedepan,” kata Kisman Karinda.

Dalam kegiatan lokakarya ini sambung Kisman, FISIP UMLB menghadirkan beberapa stakeholder dari instansi pemerintah, dan sejumlah media, salah satunya Harian Banggai Raya.

“Untuk menerima masukan bagaimana menyikapi kurikulum kedepan, berbasis OBE,” tandasnya.

Penandatanganan MoU media online Radar Sultim, dan Kaprodi Ilmu Komunikasi Suanti Tunggala. FOTO: JAJAD

Usai pembukaan, dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Dekan FISIP UMLB, Kisman Karinda dan Dekan FISIP Untad, Prof Dr. Muhammad Khairil M.Si.

Kemudian kerjasama juga dilakukan dengan dua media yang hadir di acara tersebut yakni media cetak Banggai Raya, dan media online Radar Sultim.

Dari Banggai Raya, penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh Pimpinan Redaksi Sutopo Enteding S.Sos.I.

Usai penandatanganan MoU dilanjutkan dengan kuliah umum yang dibawakan oleh Prof. Dr. Muhammad Khairil M.Si. Tema yang diangkat dalam kuliah umum ini adalah ‘Branding Desa Wisata Berbasis Go Digital’. (*)

Penulis: Jajad Sudrajad

Pos terkait