Festival Tumpe 2021, Dispar Banggai Gelar Lomba Menata Menu Buyu

  • Whatsapp
WAKIL Bupati Banggai, Furqanuddin Masulili melihat-lihat lomba menata menu dalam kegiatan Festival Tumpe 2021, di Kecamatan Batui. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai, melalui Bidang Pemasaran Pariwisata menggelar lomba Menata Menu Buyu yang merupakan makanan khas tradisional Kecamatan Batui, Senin malam (29/11/2021).

Kegiatan lomba yang dibuka oleh Wakil Bupati Banggai, Furqanuddin Masulili, di Kecamatan Batui itu dalam rangka Festival Tumpe 2021.

Bacaan Lainnya

Turut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banggai, Hj. Syamsuarni Amirudin, Kajari Luwuk, Masnur, Ketua DPRD Banggai, Suprapto, Asisten 2, Alfian Djibran, Anggota DPRD Banggai, Hanira Lasantu, Kadis Pariwisata, Kadis PUPR, Kadis Perkebunan, dan Kaban Kesbanglinmas.

Kemudian Kabag Humas, Forkopimcam, Bosanyo, Dakanyo, Binsilo, dan Ketua Lembaga Adat bersama pengurus. Ketua KNPI Kecamatan Batui bersama tokoh pemuda, serta seluruh masyarakat Kecamatan Batui.

“Tampil pula Komunitas Seni Rompong sebagai pengisi acara pada Tari Pembukaan atau Penjemputan Molabot Bosanyo dan musik tradisional kreasi. Untuk penilaian lomba menu Buyu, dinilai langsung oleh Ibu Bupati, Wakil Bupati, dan unsur Forkopimda lainnya,” kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai, Subrata Kalape kepada Banggai Raya, Selasa (30/11/2021).

Ia mengatakan, pada kegiatan Festival Tumpe 2021 ini, selain lomba menata menu Buyu, ada juga lomba-lomba lainnya, seperti lomba menyanyi lagu daerah, lomba lari bambu (padeka bulu), lomba molumbuakon potil (melempar kelapa), lomba mewarnai mamua dan lingkungannya, serta lomba cipta baca puisi bertema mamua dan lingkungannya.

Pemenang lomba menu Buyu, untuk Juara 1 adalah Kelurahan Bakung, Juara 2 Kelurahan Bugis, dan Juara 3 dari Kelurahan Balantang.

“Usai pengumuman lomba, acara tersebut ditutup dengan kegiatan lelang Menu Buyu hasil karya peserta, dihadapan para pejabat dan tamu undangan lainnya, dan semuanya menu habis terjual,” ujarnya. (*)

Penulis: Rum Lengkas

Pos terkait