Festival Sastra Banggai ke-6 Berakhir, Narasi Ketujuh Menanti

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA-Festival Sastra Banggai (FSB) tautan keenam berakhir dengan hangat dan manis pada Minggu malam, 27 November 2022.

Festival Sastra Banggai yang menghadirkan penulis, akademisi, seniman, dan peneliti telah dimulai pada Kamis, 24 November 2022 yang terpusat di RTH Teluk Lalong Luwuk.

Bacaan Lainnya

Direktur Festival Sastra Banggai, Ama Achmad mengapresiasi seluruh pihak yang telah terlibat dalam upaya membuka ruang belajar bagi publik.

Meski begitu, Ama Achmad dan penyelenggara lain mengakui, pelaksanaan Festival Sastra Banggai 2022 tak mudah, tetapi berhasil digelar.

“Bagi kami, upaya menghadirkan ruang belajar terbuka dan distribusi pengetahuan adalah komitmen yang didasari pada titik pijat kerja-kerja kemanusiaan untuk literasi, sastra, dan kebudayaan,” tuturnya.

Pada Festival Sastra Banggai Tautan Keenam terdapat bedah buku, diskusi pangan dan ekologi, diskusi kesusatraan, juga lokakarya dan menulis.

Selain itu, terdapat pertunjukkan seni di malam hari, yang diisi penampil dari Kabupaten Banggai dan para penulis dan seniman yang hadir.

“Untuk setiap kerja-kerja kerelawanan yang diberi, semoga kita senantiasa merawatnya dengan cinta,” kata Ama Achmad.

Mengutip penyair Weslly Johanes, Ama menuturkan, dalam kerja-kerja kerelawanan ini, mereka yang terlibat mengorbankan masa muda dengan harapan pohon-pohon puisi tumbuh rindang dan menaungi Banggai.

“Saya dan tim kerja mengucapkan sampai berjumpa di Narasi Ketujuh Festival Sastra Banggai tahun 2023,” ucap Ama Achmad.

Festival Sastra Banggai Tautan Keenam ini, didukung oleh Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi melalui Dana Indonesiana yang bekerja sama dengan LPDP.

Dana Indonesiana menyuntikkan semangat kerja-kerja literasi ini, sehingga bisa berlangsung selama lebih dari setengah dekade.

Kegiatan FSB ini ditutup oleh Bupati Banggai yang diwakili Staf Ahli Rudi Purwana Bula. Dalam sambutannya, ia memberikan apresiasi pada Yayasan Babasal Mombasa yang telah menyelenggarakan festival berskala nasional ini. Pemda kata dia, tetap mendukung kegiatan ini. Event ini membahas isu-isu menarik dan sejalan dengan visi Pemda Banggai. Ke depan kata dia, semua unsur seni agar bisa dilibatkan agar lebih besar. DAR/**

Pos terkait