Festival Pandanga dan Kintom Expo Resmi Ditutup, Dimpalon Raih Juara Umum

BANGGAI RAYA – Setelah berlangsung selama dua minggu, Festival Pandanga dan Kintom Expo Tahun 2024 resmi ditutup oleh Bupati Banggai Amirudin pada Sabtu (8/6/2024) di Lapangan Sintoka, Desa Dimpalon Kecamatan Kintom.

Dalam sambutannya, Bupati Amirudin mengucapkan terima kasih kepada kepala desa dan lurah, juga seluruh masyarakat Kecamatan Kintom yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh Lurah dan Kepala Desa yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, mudah-mudahan kegiatan yang telah kita laksanakan memberikan manfaat untuk Kecamatan Kintom, umumnya masyarakat Kabupaten Banggai,” ujar Bupati Amirudin.

BACA JUGA:  Rayakan Iduladha 1445 Hijriah, DSLNG Berbagi Kurban 17 Ekor Sapi

Pernyataan apresiasi juga disampaikan oleh Camat Kintom, Amrizal Latief, kepada Bupati Amirudin atas kontribusinya dalam pembangunan yang telah dilakukan di Kecamatan Kintom.

“Tentu kami mewakili seluruh masyarakat dan pemerintah Kecamatan Kintom mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada Bapak Bupati Banggai yang telah banyak memberikan pembangunan di Kecamatan Kintom, tiap tahun semakin meningkat,” kata Camat Kintom.

Festival Pandanga dan Kintom Expo telah dilaksanakan selama dua tahun berturut-turut ini, dan direncanakan akan menjadi agenda tahunan tetap.

BACA JUGA:  Naik Turunnya Keuangan Syariah: Refleksi Ketidaksempurnaan

Pada tahun ini, 14 lomba seni dan olahraga tradisional diselenggarakan, dan Desa Dimpalon dinyatakan sebagai juara umum, Kepala Desa Dimpalon menerima Piala Kejuaraan yang diberikan secara langsung oleh Bupati Amirudin.

Salah satu lomba yang menarik adalah lomba Pandanga. Berdasarkan informasi yang disampaikan Ketua Panitia, Mawardi Mustari, Pandanga adalah sebuah tradisi seserahan yang dilakukan kepada adat Bosanyo Kintom.

“Seserahan kita serahkan kepada Bosanyo Kintom, sebelum menikmati panen, masyarakat memberikan dulu seserahan yaitu pandanga untuk kita doakan bersama, sehingga mendapatkan berkah dan rezeki yang melimpah nantinya,” Jelas Mawardi Mustari.

BACA JUGA:  Meneropong Keadilan Islam dalam Kasus Vina, Sebelum 7 Hari: Sebuah Refleksi Hukum dan Moral

Selain itu, festival ini juga dimeriahkan dengan adanya 18 stand rumah duduk tempo dulu yang diikuti oleh seluruh desa dan kelurahan, UPT pendidikan, dan UPT kesehatan dari Kecamatan Kintom, serta satu stand tamu dari Kecamatan Nambo.

Penutupan festival semakin meriah dengan penampilan artis ibukota, Vicky Shu, yang berhasil menghibur masyarakat Kabupaten Banggai yang hadir, terkhususnya Kecamatan Kintom.**

Pos terkait