Festival Pagimana Sukses, Bukti Herwin Yatim Peduli Sejarah dan Budaya Banggai

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Bupati Herwin Yatim dinilai sosok pemimpin yang memiliki kepedulian tinggi dalam menjaga dan melestarikan nilai sejarah maupun budaya yang ada di Kabupaten Banggai. Hal ini ditandai dengan gelaran Festival Gelora Pagimana yang berjalan sukses.

Hal ini juga ditegaskan Iqbal (36), salah satu warga Desa Poh, Kecamatan Pagimana, Banggai. Menurutnya, suksesnya festival yang menjadi momen pengingat sejarah di Pagimana berjalan sukses, tidak terlepas dari kecintaan Herwin akan sejarah dan budaya di Banggai.

“Festival ini kan baru terekspos secara masif, selama kepemimpinan Pak Herwin. Artinya ada kepedulian untuk menjaga nilai perjuangan, agar terus dapat dikenal oleh masyarakat Pagimana di masa depan,” ungkap Iqbal saat menghadiri penutupan pagelaran Festival Gelora Pagimana, Sabtu (14/03/2020).

Tak hanya Iqbal, Atika (19), salah satu pemuda Desa Basabungan, Kecamatan Pagimana, Banggai ikut mengapresiasi kinerja pemerintah daerah yang telah merawat nilai sejarah dan kebudayaan Kabupaten Banggai.

“Bagus, tiap tahun saya kesini. Karena jaraknya juga tidak terlalu jauh. Berkesan, terutama saat pembukaan, sangat bagus pertunjukkannya,” ungkap Atika.

Atika juga merasa bangga atas keberhasilan Kabupaten Banggai di bawah kepemimpinan Herwin Yatim dalam merawat nilai sejarah dan kebudayaan Banggai. Mulai dari upaya pembuatan kamus daerah, wisata pantai hingga wisata perjuangan seperti Gelora Pagimana.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Herwin Yatim mengungkapkan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut adalah merupakan wujud nyata dari perhatiannya sebagai kepala daerah beserta seluruh jajaran pemerintah.

“Untuk terus menggelorakan dan menanamkan semangat patriotisme yang telah dirintis oleh para pahlawan asal Kecamatan pagimana sejak dahulu. Agar kelak dapat terus dikenang, dan semangatnya diwariskan untuk generasi mendatang,” ujar Herwin yang dikenal sebagai bupati peduli sejarah dan budaya Banggai tersebut. JAD/*

Pos terkait