FEB Unismuh Luwuk Sebar 179 Peserta PKP Ke 62 Instansi di 4 Kabupaten

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Setelah mengikuti pembekalan selama sehari penuh, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unismuh Luwuk melepas 179 mahasiswa untuk melaksanakan Praktik Kerja Profesi (PKP) dengan sebaran 62 instansi yang ada di empat kabupaten, Sabtu (15/10/2022).

Adapun 62 instansi ini terdiri dari instansi swasta dan instansi pemerintah. Rinciannya, 56 instansi di Kabipaten Banggai, 3 instansi di Bangkep, 6 instansi di Banggai Laut dan satu instansi di Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara.

Bacaan Lainnya

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai, Dr. Wahyudin Rahman, menjelaskan, 179 mahasiswa ini adalah semester V. Mereka akan mengambil peran dalam program Praktik Kerja Profesi MBKM.

Peserta PKP itu terdiri dari 127 mahasiswa dari Prodi Manajemen dan 52 orang mahasiswa dari Prodi Akuntansi.  Nantinya pemberangkatan mahasiswa PKP akan dilaksanakan pada Senin 17 Oktober 2022. Mereka akan didampingi 9 Dosen Pembimbing Lapangan dan 4 orang Dosen Supervisi.

Dekan FEB, Wahyudin Rahman, menjelaskan, PKP merupakan program akademik yang wajib diikuti setiap mahasiswa. Program PKP didesain sebagai proses pembelajaran mahasiswa secara langsung di lapangan atau dunia kerja.

Tujuannya agar mahasiswa dapat mengaplikasikan teori yang mereka pelajari, untuk diterapkan di lapangan atau dunia kerja. “Dunia pendidikan saat ini menginginkan seorang mahasiswa bukan hanya dituntut kompeten dalam bidang kajian ilmunya, tetapi juga dituntut untuk memiliki kompetensi yang holistic,” ujar Dekan Wahyudin Rahman.

Kompetensi holistik yang dimaksud, yakni mandiri, mampu berkomunikasi, memiliki jejaring (networking) yang luas, mampu mengambil keputusan, peka terhadap perubahan, perkembangan yang terjadi di dunia luar, dan lain-lain.

Saat ini dunia kerja sangat kompetetif, mahasiswa dituntut tidak hanya mempunyai kecerdasan intelektual yang diperoleh di kampus,  tetapi juga harus mempunyai kemampuan dasar.

Tiga pokok kemampuan dasar yang harus dimiliki mahasiswa untuk dapat bersaing dengan yang lain, yaitu knowledge, pengetahuan yang luas; skill yaitu keterampilan atau keahlian, sehingga mempunyai nilai lebih; attitude yaitu sikap atau kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain, sehingga dapat diteladani.

Menurut Wahyudin Rahman, dari ketiga kemampuan tersebut, tidak semuanya dapat diperoleh dari bangku perkuliahan.

Sehingga PKP ini diharapkan dapat menjadi salah satu sarana untuk memperolah tambahan kemampuan tersebut. Kemampuan yang lebih komprehensif, sehingga terbentuk sumber daya manusia yang berkualitas, terampil, profesional dan berwawasan luas.

Dengan demikian Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Luwuk mengharapkan dapat melahirkan Sarjana Ekonomi Manajemen dan Akuntansi yang memiliki kemampuan di bidang manajemen dan akuntansi, dengan integritas moral yang tinggi serta memiliki kemampuan yang profesional.

“Jika Anda semua dapat memanfaatkan Praktik Kerja Profesi (PKP) ini dengan belajar dan bekerja dengan baik, maka bukan mustahil, kantor atau perusahaan tempat Anda melakukan PKP akan menawari lowongan pekerjaan atau memanggil Anda bekerja nantinya,” pesannya kepada mahasiswa peserta PKP.

Ia berharap mahasiswa PKP yang akan berpraktik di berbagai kantor dan lembaga yang telah disiapkan oleh fakultas, bisa memperlihatkan kesan yang terbaik, berpenampilan menarik dan rapi, mampu berkomunikasi dengan baik, bertutur kata yang sopan, santun, dan juga berdisiplin tinggi. “Ingat selalu menjaga nama baik almamater,” pesannya. (*)