Faperik Unismuh Beri Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Akuarium

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Prodi Akuakultur, Fakultas Perikanan, Unismuh Luwuk memberikan penyuluhan perikanan kepada pemuda di Desa Tangeban, Minggu (11/10/2020).

Penyuluhan perikanan yang dirangkaikan dengan sosialisasi kampus itu bekerja sama dengan Karang Taruna Desa Tangeban, Kecamatan Masama. Para pemuda begitu antuasias mengikuti penyuluhan dan pelatihan pembuatan Akuarium.

Dosen Faperta, Unismuh Luwuk, Erwin Wuniarto kepada Banggai Raya, Senin (12/10/2020) mengatakan, kegiatan itu berjalan sukses dengan menghadirkan sejumlah narasumber.

Untuk penyuluhan perikanan materi terdiri dari, perlindungan terhadap ikan endemik yang dibawakan oleh Abdul Gani, S.Pi.,MP., Budidaya dan Peluang Bisnis  Magot oleh Lady D Khartiono, S.Pi.,M.Si., dan Pemanfaatan Limbah Kepiting oleh Srinurmaningsi, S.Pi.,M.Si.

Kemudian, pelatihan pembuatan akuarium dibawakan oleh Erwin Wuniarto S.Pi., M.Si., bersama tim UKM Semoni aquarium maker Fakultas Perikanan. “Kegiatan ini sudah direncanakan sejak 2 pekan sebelumnya, atas permintaan para pemuda karang taruna Desa Tangeban,” kata Erwin.

Inisiatif dan kemauan yang kuat dari masyarakat, khususnya pemuda, membuat Faperik Unismuh Luwuk lebih bersemangat dalam kegiatan tersebut. “Genarasi yang dapat mengubah tatanan kehidupan di suatu tempat adalah gerenasi muda yg berfikir kreatif dan inovatif. Ini dapat di lihat dalam kegiatan-kegiatan pemuda karang tarunanya,” tuturnya.

Rencana kedepan kata Erwin, akan dilaksanakan penyuluhan dan pelatihan pembuatan pakan alami dan pakan buatan untuk masyarakat pembudidaya ikan mas dan ikan nila.

“Kami berharap mereka dapat mengimplementasikan apa yang sudah diajarkan, terus dapat bersinergi dengan kami di fakultas agar dapat dirasakan betul hasil dan manfaatnya,” harapnya. JAD

Pos terkait