Fantastis, Pemda Banggai Anggarkan Sewa Sound System Rp2 Miliar

  • Whatsapp
Ilustrasi

BANGGAI RAYA- Lelang proyek dan pengadaan di Kabupaten Banggai tahun 2022 ini sepertinya bakal menjadi sorotan banyak pihak. Belum habis cerita soal sewa gedung sosialisasi Pilkades yang mencapai Rp423 juta, kini kegiatan sewa sound system juga patut menjadi bahan pertanyaan.

Hal ini dikarenakan dalam lelang proyek tahun 2022 ini tercantum paket sewa sound system dan penerangan, seperti yang tergambar dalam portal Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Banggai.

Bacaan Lainnya

Bahkan, anggaran yang bersumber dari APBD tahun 2022 ini cukup besar mencapai Rp2 miliar. Angka yang cukup fantastis. Paket tersebut melekat di Sekretariat Daerah Kabupaten Banggai, namun belum jelas dimanfaatkan untuk apa sewa sound system dan penerangan itu. Beredar info bahwa sewa sound system dan penerangan adalah untuk mendukung kegiatan MTQ Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupatren Banggai yang akan dihelat akhir Juli 2022.

Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Abdullah Ali dikonfirmasi via WhatsApp terkait dengan sewa sound system ini tidak banyak berkomentar.

Ia menyarankan untuk menanyakan hal tersebut kepada Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Banggai dan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa.

Kepala Bagian Kesra Rifai Mahiwa juga tidak memberikan jawaban pasti saat dihubungi via WhatsApp. Pria yang baru beberapa bulan menjabat Kabag Kesra ini juga selaras dengan Sekkab Banggai yang menyarankan untuk menghubungi Unit Layanan Pengadaan (ULP) yang dimotori Dewo Supatriagama.

Untuk diketahui, paket sewa sound system dan penerangan sudah dalam proses lelang dan masuk kategori jenis pengadaan jasa lainnya dengan tanggal pembuatan 21 Juni 2022. Saat ini sudah masuk tahapan evaluasi administrasi, kualifikasi, teknis dan harga. Dan pada 1 Juli dijadwalkan tahapan penetapan pemenang.

Hingga Selasa malam (28/6/2022) setidaknya sudah ada 5 (lima) perusahaan ikut tender. Dari lima perusahaan itu, hanya PT. King Ameer Entertainment yang telah memasukkan harga penawaran yakni Rp1.965.758.058,08. Sementara empat perusahaan lain tidak memasukkan harga penawaran yakni CV. Mega Communication, CV. Anugrah Arif Arfan, CV. Satria Laut Indonesia dan PT. Permata Banggai Sejahtera. (*)

Penulis: Zainuddin Lasita

Pos terkait