Faisal Komitmen Wujudkan Keluarga Berkualitas di Banggai

BANGGAI RAYA- Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Banggai di bawah pimpinan Kadis Faisal Karim komitmen mewujudkan keluarga berkualitas.

Upaya ini dilakukan melalui Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) yang mencakup Lima Pilar. 

Selain untuk perencanaan pembangunan yang terencana, sistematis, dan berkesinambungan, penyusunan GDPK Lima Pilar itu untuk meraih Bonus Demografi Indonesia 2030.

BACA JUGA:  Hari Ini, 252 Warga Karaton Lakukan Pemungutan Suara Ulang di TPS 02 

“Melalui Grand Desain Pembangunan Kependudukan ini, kami tidak melarang keluarga yang ingin menambah penghuni baru. Atau tahun ini melahirkan, tahun depan melahirkan. Kita tidak melarang,” ungkap Kadis P2KBP3A Banggai, Faisal Karim, Rabu 6 Desember 2023.

Namun yang dilakukan instansinya, bagaimana meyakinkan kepada semua keluarga untuk memiliki perencanaan yang baik, sehingga bisa melahirkan keluarga yang berkualitas.

BACA JUGA:  Kejari Banggai Limpahksn Kasus Dugaan Korupsi APBDes Matabas ke PN Tipikor Palu

“Selama ini banyak asumsi bahwa banyak anak banyak rezeki. Iya kalau anak perempuan (yang datang dilamar), tapi bagaimana kalau anak laki-laki. Inilah yang harus diberikan pemahaman,” katanya.

Untuk mewujudkan keluarga berkualitas, Dinas P2KBP3A Banggai melakukan pemantauan tiga bulan sebelum waktu pernikahan.

“Sebelum dia menikah, itu harus sehat. Kita punya program, pantau 3 bulan sebelum menikah. Sehingga diharapkan dapat mewujudkan keluarga berkualitas,” tuturnya.

BACA JUGA:  Warga Antusias ikut Pemilu PSU di Dua TPS di Kabupaten Banggai

Pemantauan untuk calon pasangan pengantin ini kata Kadis, tak lain salah satu upaya dalam percepatan penurunan angka stunting.

Diketahui, lima Pilar dalam GDPK yaitu pengendalian kuantitas penduduk, peningkatan kualitas penduduk, pembangunan keluarga, penataan persebaran dan pengarah mobilitas, dan penataan administrasi kependudukan. (*)