Dunia Kerja Semakin Kompetitif, Tiga Kemampuan Ini Harus Dimiliki Mahasiswa!

  • Whatsapp
DEKAN FEB UMLB, Wahyudin Rahman SE., MM., mengingatkan menyampaikan tiga poin penting yang perlu dimiliki mahasiswa dalam menghadapi tantangan dunia kerja saat ini. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB), Wahyudin Rahman SE., MM., mengatakan, saat ini dunia kerja sangat kompetitif. Olehnya mahasiswa tidak hanya dituntut mempunyai kecerdasan intelektual, tetapi juga harus mempunya kemampuan dasar.

Menurutnya, ada tiga pokok kemampuan dasar yang harus dimiliki mahasiswa dalam menghadapi tantangan dalam dunia kerja yang kian kompetitif.

Bacaan Lainnya

Pertama, knowledge yaitu pengetahuan yang luas dan skill yakni keterampilan atau keahlian sehingga mahasiswa mempunyai nilai lebih. Dan ketiga Attitude yaitu sikap atau kemampuan mahasiswa untuk berinteraksi dengan orang lain sehingga dapat diteladani.

“Dari tiga kemampuan ini, tidak semuanya dapat diperoleh dari bangku perkuliahan, maka praktik kerja profesi (PKP) ini diharap dapat menjadi salah satu sarana untuk mendapat tambahan kemampuan tersebut yang lebih komprehensif, sehingga terbentuk sumber daya manusia yang berkualitas, terampil, profesional dan berwawasan luas,” harap Dekan FEB UMLB, Wahyudin Rahman SE., MM., saat memberikan sambutan di acara Pembekalan PKP FEB UMLB, Minggu (10/10/2021).

Wahyudin Rahman juga menyampaikan, bahwa seorang mahasiswa saat ini tidak hanya dituntut untuk berkompeten dalam bidang kajian ilmunya tetapi juga harus memiliki kompetensi yang holistik seperti mandiri, mampu berkomunikasi, memiliki jejaring (networking) yang luas, mampu mengambil keputusan, dan peka terhadap perubahan dan perkembangan yang terjadi di dunia luar.

Olehnya kata Dekan Wahyudin Rahman, FEB UMLB mengaharapkan dapat melahirkan Sarjana Ekonomi Manajemen dan Akuntansi yang memiliki kemampuan di bidang manajemen dan akuntansi dengan integritas moral yang tinggi serta memiliki kemampuan yang professional. (*)

Penulis: Jajad Sudrajad

Pos terkait