Dukung Keberlanjutan Ekosistem Laut, Pertamina EP DMF Ajak Lestarikan Terumbu Karang melalui Coral Project

BANGGAI RAYA – Pertamina EP Donggi Matindok Field (DMF) yang tergabung dalam Subholding Upstream Regional Indonesia Timur berkomitmen dalam pelestarian ekosistem laut melalui Coral Project. Kegiatan itu digelar Kamis (13/7/2023) di Kecamatan Toili Barat.

Peran penting ekosistem laut sebagai penjaga keseimbangan iklim di bumi, sumber pangan dan perikanan terbesar, penyerap karbondioksida, dan juga penyerap polutan lain di laut, menjadi alasan penting untuk menjaga keberlangsungan kehidupan biota.

Pertamina EP Donggi Matindok Field melalui Kegiatan Coral Project dengan tema Collaboration For Sea Life Sustainability, turut mengajak stakeholder terkait untuk bersama-sama melestarikan dan memanfaatkan sumber daya laut secara berkelanjutan, sekaligus turut mendukung SDGs No. 14.

BACA JUGA:  Idul Adha 1445 H, Masjid An Nuur Luwuk Sembelih 11 Ekor Sapi Kurban

Kegiatan itu dihadiri Lady Diana Khartiono, S.Pi.,M.Si dari Universitas Muhammdiyah Luwuk,
Aunurofiq, S.Pi dari Dinas Perikanan dan Kelautan Banggai, Galih Ajeng dan Muhammad Rodi dari Pertamina Diving Club, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Agus Budi, S.Ip, Manajemen Pertamina EP Donggi Matindok Field, Pemerintah Kecamatan Toili Barat, Universitas Tompotika Luwuk, Kepala Pos Polisi Toili Barat, Koramil Toili, Pemerintah Desa Pandanwangi, Pemerintah Desa Dongin, serta pelajar SMA dan SMKN Se Kecamatan Toili Barat.

BACA JUGA:  Rayakan IdulAdha, Pekerja JOB Tomori dan Mitra Kerja Salurkan 29 Ekor Hewan Qurban

Coral Project ini diikuti dengan serangkaian kegiatan meliputi transplantasi terumbu karang dan pembuatan rumah ikan lebih dari 50 unit media transplantasi, edukasi dan sosialisasi peran ekosistem laut pada masyarakat, pembuatan rumah ikan oleh 75 siswa sekolah, perlombaan essay dan poster, serta coastal clean up.

Manager Donggi Matindok Field Ridwan Kiay Demak menyampaikan, kegiatan Coral Project melalui transplantasi terumbu karang ini diharapkan dapat menjadi magnet bagi ikan-ikan disekitar, sehingga kelestarian ekosistem laut dapat terus terjaga. “Kami berharap program ini tetap terus berlanjut sesuai dengan prinsip keberlanjutan Pertamina EP sebagai BUMN. Keberlanjutan ini dalam rangka menjaga ekosistem laut khususnya dalam pencegahan perubahan iklim,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Idul Adha 1445 H, Masjid An Nuur Luwuk Sembelih 11 Ekor Sapi Kurban

Karya yang nantinya akan ditanam merupakan karya anak-anak SMK dan SMA di Kecamatan Toili Barat. Kegiatan ini bersamaan dengan penurunan Fish Dome, Reefball, Bioreeftek dan kegiatan penanaman terumbu karang dengan jenis Acropora di Pantai Pandanwangi.

Acara ini ditutup dengan pemberian apresiasi kepada pelajar yang telah berkontribusi menyumbangkan idenya melalui penulisan essay dan poster.**

Pos terkait