Dugaan Suap Penyelengara Pemilu, Mahasiswa Banggai Demo di Bawaslu dan DPRD

BANGGAI RAYA-Merebaknya dugaan suap di tubuh penyelengara pemilu di Kabupaten Banggai, membuat Front Mahasiswa Bergerak melakukan demonstrasi di Kantor Bawaslu dan DPRD Banggai, Senin, 18 Maret 2024.

Di Kantor Bawaslu Banggai, puluhan mahasiswa ini mendesak lembaga pengawas pemilu itu agar serius dan transparan dalam menindaklanjuti laporan pelanggaran pemilu dan segera mengusut oknum penyelengara yang diduga terlibat dalam memenangkan caleg tertentu.

BACA JUGA:  Gegara Kotoran Ayam, Pria di Mendono Ini Dianiaya, Polisi Turun Mediasi

Sementara di DPRD, mahasiswa menuntut DPRD Banggai untuk segera menggunakan hak angketnya terkait dugaan tidak netralnya ASN dan kepala desa.

Alfi Hadi, Kordinator Lapangan Aksi Demonstrasi mengatakan, dengan adanya kasus dugaan suap ini menjadi catatan buruk demokrasi di kabupaten Banggai apalagi sampai terbukti.

“Hari ini sejarah mencatat bahwa demokrasi dikangkangi oleh kelompok orang yang haus akan kekuasaan,” teriak Alfi daldm orasinya.

BACA JUGA:  Selama 2 Hari, SMPN 3 Luwuk Gelar Tes Akademik Bagi Calon Siswa Baru

Ia mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk segera membangkitkan kembali harga diri rakyat.

“Kami meminta untuk Bawaslu dan DPRD Banggai bersikap, karena ini merupakan pengkhianatan demokrasi dan kedaulatan rakyat,” papar Ketua BEM Fisip Untika ini.

BACA JUGA:  Membludak! Kuota PPDB Ponpes Daarul Hikmah Luwuk Terbatas, Untuk Putri Tingkat MTs Resmi Ditutup 

Ridwan selaku Ketua Bawaslu Banggai menegaskan dan memastikan bahwa kasus ini akan tetap diproses, dan apabila terbukti akan segera ditindaklanjuti.

“Kami proses kode etik dan kami proses tindak pidana pemilu, dan saya pastikan Bawaslu dan jajarnya tidak terindikasi dalam kasus ini. Terkhusus teman-teman panwascam, bila terlibat saya akan pecat jika terbukti,” tegasnya.**

Pos terkait