Dugaan Kerugian Negara, Inspektorat Segera Periksa Desa Landonan Bangkep

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Inspektorat Banggai Kepulauan (Bangkep) agendakan turun lapangan untuk melakukan pemeriksaan terhadap dugaan kerugian negara dalam pengelolaan keuangan desa di tahun 2020-2021.

Kali ini, tepatnya pada Rabu 29 Juni 2022, yang menjadi sasaran pemeriksaan Inspektorat adalah di Desa Landonan, Kecamatan Buko Selatan.

Bacaan Lainnya

“Besok (Rabu, Red) tim auditor akan periksa Desa Landonan, terkait laporan dugaan kerugian negara dalam pengelolaan keuangan desa,” ungkap Inspektur Inspektorat Bangkep, Kismanto saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (28/6/2022).

Kismanto mengaku, agenda tersebut merupakan tindak lanjut dari beberapa laporan yang diterimanya.

“Pada prinsipnya Inspektorat turun memeriksa kebenaran laporan itu. Jika ada permasalah dalam pengelolaan keuangan sebagaimana yang dilaporkan, maka kami akan menindaklanjuti,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Desa Landonan, Agun Balagat melaporkan dugaan kerugian pengelolaan dana desa yang dipimpinnya itu ke Unit Tipikor Polres Bangkep.

Diketahui, dugaan temuan itu terjadi pada tahun 2020 dan 2021. Kala itu, Agun Balagat belum menjabat Kepala Desa Landonan.

Berikut beberapa poin yang dilaporkan; pertama, tidak terbayarkanya program Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 142 KK sebesar Rp 900.000,- per Kepala Keluarga peruntukan pada bulan Oktober, November dan Desember tahun 2020.

Kedua, pembangunan jalan akses lahan ( Rabat Beton ) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021 dengan volume pekerjaan 322 meter, akan tetapi realisasinya hanya 45 meter dari total anggaran yang dikucurkan sebesar Rp 205.375.000,-.

Ketiga, pembangunan poskesdes tahun anggaran 2021. (*)

Penulis: Suriyanto H. Pasangio

Pos terkait