DPMD Usulkan PAMSIMAS untuk 12 Desa

BANGGAI RAYA- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Banggai, mengusulkan bantuan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI untuk 12 desa yang tersebar di tujuh kecamatan, yakni Nuhon, Bunta, Pagimana, Luwuk Utara, Luwuk Selatan, Lamala, dan Toili.

BACA JUGA:  Takbiran IdulAdha di Luwuk Banggai, Ribuan Warga Ikuti Pawai Obor

Kepada Banggai Raya, Senin (9/3/2020), Kepala Bidang Pemberdayaan Desa, DPMD Banggai, Nurhayati Abdan mengungkapkan, 12 desa yang diusulkan untuk mendapatkan bantuan PAMSIMAS yakni Desa Pibombo, Binohu, Pongian, Nanga- Nangaon, Balanga, Tintingan, Bungawon, Lenyek, Tinonda dan Mamping, Bubung serta Ue Mea. “Kami usulkan ke Kementerian supaya 12 desa itu dapat bantuan PAMSIMAS,” kata Nurhayati Abdan.

BACA JUGA:  Takbiran IdulAdha di Luwuk Banggai, Ribuan Warga Ikuti Pawai Obor

Pengusulan tersebut dilakukan karena 12 desa ini dinilai sangat membutuhkan air bersih. Apalagi, air bersih merupakan salah satu kebutuhan dasar mereka. “Mereka sangat membutuhkan. Apalagi air bersih itu kan kebutuhan dasar dari manusia,” terang dia.

Untuk mengatasi masalah kebutuhan air bersih di desa, saat ini sudah terbentuk pokja yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Bappeda, PUPR dan DPMD. Pokja ini berfungsi untuk mengawal program PAMSIMAS yang akan diterima oleh setia desa. “Kami ini ada pokja yang berfungsi untuk mnegawasi pengurus atau pengelola Pamsimas di desa dengan cara diberikan pengetahuan dan pemberdayaan,” ungkapnya. SAH