Dispar Sukses Gelar Malam Penganugerahan Insan Pariwisata Milenial

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai sukses menggelar Malam Penganugerahan Insan Pariwisata Milenial Tahun 2020, di Kedai Daeng Mangge, Kelurahan Keraton, Kecamatan Luwuk, Kamis malam (24/9/2020).

Kegiatan yang dibuka dengan tarian dari kelompok Seni Rompong Luwuk Banggai itu, dihadiri Bupati Banggai, Herwin Yatim, Wabup Mustar Labolo, Ketua DPRD Banggai, Suprapto, Asisten 1, Yudi Amisuddin, Asisten II, Alfian Djibran, sejumlah pimpinan OPD dan para nominasi serta tamu undangan lainnya.

Bupati Herwin Yatim bersama rombongan  tiba di lokasi kegiatan dengan menggunakan kendaraan roda 2, kemudian disusul Wabup, Mustar Labolo dengan kendaraan dinasnya.
Acara yang dipandu oleh Hendra Saajad dan Morisca Ramadhany tersebut bertambah meriah, saat Bupati Herwin Yatim menyanyikan lagu Bongkar milik Iwan Fals. Seluruh milenial dan tamu undangan larut dalam keceriaan dan semangat.
Malam anugerah tersebut dipoles seperti acara Indonesia Lawyer Club (ILC),  dengan membuka dialog antara para milenial dengan Bupati dan Wakil Bupati Banggai.

Ketua Panitia dan juga Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai, Paiman Karto mengatakan, pada acara ini, panitia membatasi undangan. Sesuai arahan bupati dan Wakil bupati, panitia harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Dengan kami membatasi setiap audiens kegiatan,” kata Paiman Karto.
Penganugerahan insan pariwisata milenial kata dia, bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada kaum milenial, atau kaum muda kreatif yang memberikan kontribusi terhadap kemajuan pariwisata di Kabupaten Banggai.

Ia menyadari benar bahwa menggerakan sektor pariwisata itu, bukan hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi dari beberapa stakeholder. “Ada dari perguruan tinggi, para industri atau dunia usaha, dari insan pers, masyarakat,  termasuk di dalamnya kaum muda yang selalu aktif menggerakan sektor pariwisata,” cetusnya.

Paiman menuturkan kegiatan ini pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Banggai, bahkan di Sulawesi Tengah.

Dia berharap, mudah-mudahan dengan dilaksanakan kegiatan ini, bisa memberikan motivasi kepada kaum milenial, kaum generasi muda untuk lebih kreatif lagi. Didalam rangka untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan langsung dengan pemasaran atau promosi pariwisata di Kabupaten Banggai.

“Sehingga daerah ini, akan lebih dikenal lagi. Bukan hanya di Indonesia, tapi sampai ke mancanegara. Sudah barang tentu muaranya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Banggai,” ujarnya.

Sesuai arahan Bupati Banggai sebut dia, disetiap kesempatan, dengan banyaknya kunjungan wisatawan di Kabupaten Banggai, maka akan menggerakkan sektor ekonomi, dan menggerakkan seluruh kegiatan masyarakat untuk meningkatkan kesejateraan.

Sementara itu, Bupati Banggai, Herwin Yatim dalam sambutannya, merasa bangga karena tidak pernah membayangkan bahwa Kabupaten Banggai akan menyelenggarakan kegiatan ini, sangat meriah, dan hanya di Sulteng. Pertama kali dilakukan dan nuansanya para kaum muda yang hadir. “Ini satu yang perlu kita kembangkan. Apalagi di kedai Daeng mangge, yang pemiliknya, Tri. Yang juga kaum milenial, saya baru sekali datang di sini, sudah merasakan bagaimana, tentu saja suasana yang luar biasa. Kita tentu memberikan apresiasi bagi pekerja-pekerja seni, dan teman-teman muda yang luar biasa,” ujar orang nomor satu di Kabupaten Banggai ini.

Malam ini Bupati Herwin Yatim mengaku mendapatkan pengetahuan dalam 4 tahun sebagai bupati. Selama ini, baru mengeksplor beberapa wilayah destinasi wisata. Dengan kecepatan yang luar biasa, bantuan dari GENTI dan warga peduli dengan pariwisata, Banggai memiliki 84 spot wisata.

“Walaupun baru ada dua yang dibuka, padahal ada 84 andalan spot wisata di daerah ini, luar biasa,” tutur Ketua Umum DPC PDI-P Kabupaten Banggai ini.

Diketahui, ada 10 kategori nominasi anugerah insan pariwisata milineial tahun 2020, yaitu kategori fotografer landscape tourism, comunication dan information tourism,  sport tourism milenial, ART dan culture tourism, milenial hits tourism, prince dan princes milenial tourism, youtuber milenial tourism, wonderful tourism milenial, speaker education tourism dan model milenial tourism.

Pada kesempatan itu, Bupati Herwin Yatim dan Wabup Mustar Labolo memberikan sambutan dan arahan.
Acara malam penganugerahan insan pariwisata milenial tahun 2020 tersebut, berakhir pada pukul 23.30. Dan ditutup dengan foto bersama. RUM

Pos terkait