Dispar Sosialisasi Larangan Berkumpul di Lokasi Wisata

  • Whatsapp
Paiman Karto

BANGGAI RAYA- Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai menyosialisasikan surat edaran dari pemerintah tentang larangan orang banyak berkumpul di lokasi wisata. Langkah ini mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19 di daerah ini. Sosialisasi dengan menyebarkan surat edaran tersebut ke berbagai lokasi wisata di Kabupaten Banggai.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai, Paiman Karto kepada Banggai Raya mengatakan, bahwa Dinas Pariwisata Banggai tidak mengeluarkan surat edaran kembali untuk menutup objek wisata, tapi hanya menindaklanjuti surat edaran dari Pemerintah Pusat, Gubernur Provinsi Sulteng dan edaran Bupati Banggai serta yang terakhir adalah maklumat Kapolri dengan menyosialisasikan ke lokasi wisata di daerah ini.   

“Insya Allah, kita semua mengikuti edaran pemerintah pusat, edaran gubernur, edaran bupati dan terakhir maklumat Kapolri untuk diikuti dan dipatuhi. Kami tidak mengeluarkan edaran tersendiri, untuk menutup objek wisata. Masyarakat juga harus membatasi berpergian ke objek wisata. Kami tidak akan memberikan ijin kegiatan-kegiatan, pertemuan dan acara-acara, seperti di objek wisata Salodik. Kita sosialisasikan dengan menempelkan surat edaran tersebut di lokasi wisata, seperti itu,” kata Paiman Karto, di Luwuk, Senin (23/3/2020).

Menurut dia, lokasi objek wisata di wilayah Kabupaten Banggai banyak sekali, misalnya pantai Kalibosi, Pantai Hek, Pulau Tinalapu, Pulau Empat, Pulau Nyamuk, Pulau Dondolang, Pantai Sinorang, Pantai Minahaki serta Air Terjun Piala, Air Terjun Laumarang, Air Terjun Tabalion Balantak dan lain sebagainya.

“Hanya yang dikelola dan menjadi prioritas unggulan, baru ada 2 objek wisata, yaitu Permandian Salodik dan Pulau Dua Balantak,” tambahnya.

Untuk diketahui, Lokasi wisata di Kabupaten Banggai terdapat di 21 wilayah kecamatan, yaitu di Luwuk terdapat 4 lokasi wisata, LuwukTimur sebanyak 3 lokasi wisata, Pagimana sebanyak 14 lokasi wisata, Bualemo terdapat 13 lokasi wisata, Masama sebanyak 6 lokasi wisata, Balantak sebanyak 1 lokasi wisata, Balantak Selatan terdapat 2 lokasi wisata, Luwuk Utara sebanyak 8 lokasi wisata, Luwuk Selatan sebanyak 4 lokasi wisata, Nambo terdapat 4 lokasi wisata, Kintom sebanyak 2 lokasi wisata, Batui Selatan terdapat 3 lokasi wisata, Toili sebanyak 3 lokasi wisata, Lobu sebanyak 3 lokasi wisata, Lamala 1 lokasi wisata, Mantoh sebanyak 5 lokasi wisata dan Balantak Utara terdapat 7 lokasi wisata, serta Toili Barat sebanyak 5 lokasi wisata, Moilong sebanyak 3 lokasi wisata, Toili terdapat 6 lokasi wisata dan Nuhon sebanyak 5 lokasi wisata. RUM

Pos terkait