Dispar Banggai Tingkatkan Kreativitas Generasi Muda

  • Whatsapp
PUTRI Kebudayaan Nusantara Tahun 2021, Anissa Pretty Musa. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Banggai berhasil menorehkan prestasi dengan meraih Putri Kebudayaan Nusantara Tahun 2021 oleh Annisa Pretty Musa dan Bintang Pradana yang juga masuk jajaran Top 12 Putra Kebudayaan Nusantara 2021 dan Top 3 Best Talent.

Keduanya adalah putra-putri Kabupaten Banggai yang telah membawa harum nama Provinsi Sulawesi Tengah dan Kabupaten Banggai di tingkat nasional, dengan meraih juara pertama Putri Kebudayaan Nusantara 2021.

Bacaan Lainnya

Dengan pencapaian itu sebut Kepala Bidang Pengembangan Sumberdaya Pariwisata, Dispar Banggai, Alfian Q, Ahmad, Dispar Banggai terus meningkatkan kreativitas para generasi muda di daerah ini, demi memajukan kebudayaan nasional Indonesia, dengan terus melibatkan masyarakat dan pemuda. Selain itu pula, mewujudkan generasi muda yang kreatif, inovatif, berbudaya memiliki kemampuan berpikir yang kritis.

“Mampu menjadi inspirasi dan panutan bagi generasi muda yang lainnya, untuk berperan aktif dalam melestarikan budaya nusantara. Karena generasi milenial adalah pemegang tongkat estafet pembangunan bangsa, maka harus diberikan ruang untuk meningkatkan kesadaran pemuda dalam menjaga warisan leluhur terkait budaya dan kearifan daerah,’ kata Alfian Q. Ahmad, Rabu (17/11/2021).

Aspirasi generasi muda dalam mencintai kebudayaan dan mampu berkarya secara positif, sekaligus berperan aktif dalam mengembangkan potensi kompetensi generasi muda terhadap kebudayaan yang mampu memberi manfaat dalam masyarakat harus pula ditingkatkan.

Hal tersebut kata Alfian, sudah sesuai dengan misi ke-5 dari Bupati Banggai, yaitu pengembangan pariwisata dan budaya serta nilai keagamaan, yang dimaksudkan bahwa kaum melenial juga harus diberi ruang untuk lebih mencintai kebudayaan dan mengembangkan melalui pemajuan kebudayaan.  

“Selain itu, karena ajang ini para pemenang utamanya akan menjadi perwakilan Indonesia ke Pageant tingkat internasional, maka mereka dipersiapkan sebagai generasi muda masa kini yang akan mempromosikan budaya dan pesona Indonesia di mata dunia,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai, H. Paiman Karto menambahkan, kedua peserta perwakilan Sulawesi Tengah, yaitu Annisa Pretty Musa dan Bintang Pradana sebelum berangkat pada ivent tersebut, sudah melapor ke Bupati Banggai, Amirudn Tamoreka yang didampingi oleh Kadis Pariwisata, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata, serta Kepala Seksi PSDP.

“Pak Bupati, Amirudin Tamoreka memberikan arahan dan motivasi kepada kedua peserta, agar dapat berkompetisi dengan baik dan memperkenalkan kebudayaan lokal Sulawesi Tengah, khususnya Kabupaten Banggai. Itu terbukti dengan meraih hasil yang terbaik sesuai harapan semua pihak,” tambahnya. (*)

Penulis: Muh Rum Lengkas

Pos terkait