Disnakertrans Banggai Gelar Dialog Ketenagakerjaan dan Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial

  • Whatsapp
KEGIATAN Dialog Ketenagakerjaan Dan Hubungan Industrial oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai, di Hotel Estrella Luwuk. FOTO: RUM LENGKAS

BANGGAI RAYA– Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai menggelar dialog ketenagakerjaan, penyelesaian perselisihan hubungan industrial, mogok kerja dan penutupan perusahaan yang berakibat atau berdampak pada kepentingan di Kabupaten Banggai, di Hotel Estrella Luwuk, Jumat (16/12/2022).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka. Turut dihadiri mewakili Ketua DPRD Banggai, Irwanto Kulap, Kejari Banggai, mewakili Kapolres Banggai, mewakili Dandim 1308 Luwuk Banggai, Ketua Pengadilan Negeri Banggai, Komandan Pos AL Luwuk,Sekda Banggai, Staf Khusus Bupati Bidang Inovasi, Teknologi dan Percepatan Pembangunan, Kepala OPD Banggai, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Luwuk dan Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Luwuk, serta pimpinan perusahaan di Kabupaten Banggai.

Bacaan Lainnya

Dalam laporannya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai, Ernaini Mustatim, SH, MH menjelaskan, dasar pelaksanaannya, yaitu pertama UU Nomor 7 Tahun 1981 Tentang Wajib Lapor Ketenagakerjaan di Perusahaan, kedua, UU Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan ketiga, UU Nomor 11 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja.

Maksud dan tujuan diselenggarakan dialog ketenagakerjaan ini kata dia, dalam rangka membangun komitmen bersama antara pihak pemerintah daerah bersama stakeholder lainnya, dengan pihak perusahaan untuk menyatukan presepsi terhadap kewajiban pihak perusahaan dalam menaati peraturan perundang undangan yang berlaku.

“Kehadiran investasi di Kabupaten Banggai tentunya perlu dukungan semua pihak, dimana dengan kehadiran investasi akan membawa perubahan pada daerah yang kita cinta ini. Namun tidak menutup kemungkinan juga, kehadiran investasi pada suatu daerah, ada yang berdampak buruk dan hal ini yang kita tidak inginkan bersama,” kata Ernaini Mustatim.

Sementara itu, Bupati Banggai, H. Amiirudin Tamoreka dalam sambutanya saat membuka dialog ketenagakerjaan ini mengatakan, selaku pimpinan di daerah ini mengucapkan terima kasih kepada pimpinan perusahaan yang ada di Kabupaten Banggai, serta panitia pelaksana yang telah berpartisipasi mendukung kegiatan ini, semoga apa yang dilaksanakan pada hari ini, akan dinilai sebagai ibadah oleh Allah SWT.

“Pertemuan ini merupakan momen yang sangat strategis bagi kita semua, karena sebagai pimpinan tentu saja masih banyak pekerjaan yang harus kita lakukan, untuk segera kita benahi, tentunya mengantisipasi berbagai tantangan yang ada, maka mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus memerlukan resolusi baru. Perbedaan pendapat atau pandangan, maupun pengertian antar pihak pekerja dan pengusaha terhadap hubungan kerja, syarat-syarat kerja dan kondisi kerja akan menimbulkan perselisihan hubungan industrial, bahkan sampai akhirnya terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK),” jelas orang nomor satu di Kabupaten Banggai ini.

Sekali lagi, Bupati Amirudin Tamoreka menyampaikan ucapan terima kasih, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa akan senantiasa membimbing serta meridhoi segala langkah pengabdian kita kepada bangsa dan negara, lebih khusus daerah yang kita cintai ini.

Dialog ini menghadirkan pembicara, yakni Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka, Kejaksaan Negeri Banggai, Raden Wisnu Bagus Wicaksono dan mewakili Ketua DPRD Banggai, Irwanto Kulap, dengan moderator, Dr. Abdul Ukas Marzuki, SH, MH.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama oleh seluruh perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Banggai, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Banggai. RUM

Pos terkait