Diskominfo Sigi Gelar Studi Banding di DKISP Banggai

BANGGAI RAYA-Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai, Lesmana P. Kulab, S.Kom menerima Studi Komparatif Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sigi pada Rabu (21/2/2024) di Ruang Rapat DKSIP Banggai.

Plt Kadis Diskominfo Kabupaten Sigi, Andi Ilham, bersama rombongan, diterima oleh Kadis beserta seluruh jajaran pejabat Administrator, Pengawas, dan Pelaksana DKISP Kabupaten Banggai.

Menyambut kedatangan rombongan dari Kabupaten Sigi, Kadis Lesmana P Kulab menyampaikan ucapan selamat datang dan kemudian melanjutkan dengan memaparkan pencapaian DKISP pada tahun 2023.

BACA JUGA:  Operasi Patuh Tinombala Dimulai, Berlangsung Hingga 28 Juli 2024

Salah satu sorotan dari presentasi tersebut adalah indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Banggai yang mencapai 3.23, dengan predikat “Baik” berdasarkan evaluasi Kemenpan RB.

Hal tersebut menandakan kesuksesan pemerintah Kabupaten Banggai dalam menerapkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi pelayanan publik.

Pemda Banggai juga telah meraih prestasi sebagai salah satu dari 50 daerah kabupaten/kota yang terlibat dalam program gerakan menuju kota cerdas (Smart City) yang diinisiasi oleh Kementerian Kominfo pada tahun 2022.

BACA JUGA:  Sepupu Berkelahi di Luwuk, Satu Meninggal

Tidak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Banggai telah berhasil menerapkan Aplikasi Banggai Satu Data, sebuah langkah strategis dalam mengoptimalkan pengelolaan data untuk kepentingan masyarakat.

Dengan demikian, Kabupaten Banggai bukan hanya berbicara tentang transformasi digital, tetapi juga telah melaksanakannya dengan nyata untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

BACA JUGA:  Alasan Ahmad Ali Dukung Sulianti Murad, Tinggalkan Amirudin

Plt Kadis Andi Ilham menyampaikan salah satu fokus utama dari studi komparatif ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), penerapan Tanda Tangan Elektronik (TTE), dan penyebaran informasi melalui media Podcast yang telah dilaksanakan oleh DKISP Banggai.

Melalui pertukaran pengalaman dan pengetahuan antara kedua kabupaten, diharapkan dapat ditemukan langkah-langkah konkrit untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih baik.**