Disebar di 4 Kabupaten, 198 Mahasiswa FEB UMLB Laksanakan PKP

  • Whatsapp
DEKAN FEB UMLB, Wahyudin Rahman bersama jajarannya dan Pimpinan BMT Al Muhajirin Cabang Banggai mengabadikan momen di acara pembukaan pembekalan. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Sebanyak 198 mahasiswa dari dua prodi yakni Prodi Manajemen dan Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) mengikuti kegiatan Praktik Kerja Profesi (PKP) angkatan ke-XIV tahun 2021.

Sebelum dilepas ke lokasi, ratusan mahasiswa itu terlebih dahulu mengikuti pembekalan yang berlangsung selama sehari pada Minggu (10/10/2021). Pembekalan yang dihelat secara online bagi para peserta PKP itu dibuka secara resmi oleh Rektor UMLB, Sutrisno K Djawa SE., MM.

Bacaan Lainnya

Usai mengikuti semua materi pembekalan yang berlangsung hingga sore hari, ratusan mahasiswa itu langsung dilepas secara simbolis oleh Dekan FEB UMLB, Wahyudin Rahman SE., MM. Ratusan mahasiswa ini akan diturunkan di empat kabupaten selama dua bulan yakni Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, dan Kabupaten Taliabu.

Dalam laporanya, Ketua Panitia PKP Angkatan XIV FEB UMLB, Arisanjaya Doloan SE., M.Ak,Ak., mengatakan, pembekalan PKP ini mengangkat tema ‘Menumbuhkan Jiwa Profesionalisme Mahasiswa di Dalam Menghadapi Tantangan Dunia Kerja’. Dan pembekalan ini dirangkaian dengan Penandatanganan MoA antara FEB dan dan BMT Al-Muhajirin Cabang Banggai.

“Peserta PKP akan ditempatkan di empat kabupaten yakni Kabupaten Banggai, Bangkep, Balut dan Kabupaten Taliabu dengan jumlah peserta sebanyak 198 mahasiswa. Dan jumlah mitra tempat mahasiswa PKP sebanyak 76 instansi baik swasta maupun pemerintah,” ujar Arisanjaya Doloan.

DEKAN FEB UMLB, Wahyudin Rahman (kanan) bersama Pimpinan BMT Al Muhajirin Cabang Banggai memperlihatkan dokumen MoA yang baru saja ditandatangani. FOTO: ISTIMEWA

Dekan FEB UMLB, Wahyudin Rahman SE., MM., mengatakan, PKP merukan program akademik yang wajib diikuti setiap mahasiswa, dan program ini didesain sebagai proses pembelajaran mahasiswa secara langsung di lapangan atau dunia kerja. Tujuannya untuk mengaplikasikan teori yang mahasiswa telah pelajari selama di bangku kuliah.

Menurut Dekan, dunia pendidikan saat ini mengingingkan seorang mahasiswa tidak hanya berkompeten di bidang kajian ilmunya, tapi juga dapat memiliki kompetensi yang holistic. Kompetensi itu seperti mandiri, mampu berkomunikasi, memiliki jejaring (networking) yang luas, mampu mengambil keputusan, peka terhadap perubahan dan perkembangan yang terjadi di dunia luar, dan lain-lain.

Dalam kesempatan itu, Dekan Wahyudin Rahman juga mengimbau kepada seluruh mahasiswa agar dapat mengikuti pembekalan dengan baik. Sehingga pembekalan itu bermanfaat ketika mahasiswa berada di lokasi PKP.

“Kemudian, saya berharap mahasiswa PKP yang akan berpraktik di berbagai kantor dan lembaga yang telah disiapkan, agar memperlihatkan kesan yang terbaik, harus berpenampilan menarik dan rapi, harus mampu berkomunikasi dengan baik. Bertutur kata yang sopan, santun, dan juga berdisiplin tinggi. Ingat selalu menjaga nama baik almamater,” pesan Wahyudin Rahman.

Ia menambahkan, jika mahasiswa dapat memanfaatkan PKP ini dengan belajar dan bekerja dengan baik, maka bukan mustahil, kantor atau perusahaan tempat praktik akan menawari lowongan pekerjaan atau memanggil mahasiswa bekerja nanti setelah lulus.

Sementara itu, Rektor UMLB, Sutrisno K Djawa SE., MM., mengatakan, kegiatan PKP ini merupakan bagian dari pembelajaran problem solving, sehingga mahasiswa harus memiliki kemampuan berpikir kritis. “Mahasiswa harus mampu meningkatkan kemampuan problem solving baik pada saat proses perkuliahan maupun saat melakukan praktik kerja profesi,” ujar Sutrisno K Djawa salam sambutannya.

Di akhir sambutannya, Rektor Sutrisno K Djawa berpesan kepada mahasiswa peserta PKP agar tetap menjaga nama baik almamater kampus hijau UMLB. (*)

Penulis: Jajad Sudrajad

Pos terkait